RSS

Anak Remajaku Tambah Bikin Emosi Jiwa

Selasa, 07 Oktober 2014

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa, semangatnya para kaula muda katanya. Teras "Melly Kiong" selalu hadir untuk yang berjiwa muda, yang merasa tua minggir....he he he (pasti tidak ada yang minggir).

Data yang saya peroleh dari BNN mengatakan bahwa anak usia remaja antara 13-20 tahun yang paling rentan kena narkoba. Nah lho apa hubungannya? Sangat banyak hubungannya dengan kenyamanan di rumah, bagaimana orangtua memperlakukannya sebagai manusia yang utuh dengan wajar. Bukan yang terlalu over protektif bukan juga yang selalu menyalahkan mereka. Ternyata tidak semua yang ter... itu baik.

Anak praremaja yang masa kecilnya selalu mendapat perlakuan keras, nah begitu di usia remaja yang menurut dirinya badannya sudah besar dan dia mulai melakukan perlawanan dan menunjukkan bahwa saya "sudah besar lho" pahaal secara psikisnya memang belum, itu adalah saat emas untuk kita membantu mereka mencari jati diri, bukan malah melepaskan mereka. Bukan malah kita yang tambah emosi. Berempatilah dengan kondisi mereka yang sangat bingung, secara alamiah hormon pertumbuhan yang berubah dahsyat, perubahan suara, kalau perempuan haid,  dan lain-lain. Kebayang beban psikisnya? Itu pasti akan sangat mempengaruhi emosinya. 

So, mari ngertiin mereka dan bantulah mereka untuk menyadari bahwa itu adalah hal yang wajar jika mereka emosi, hanya cara mengendalikan emosi yang perlu kita tata kembali. Kurangi larangan-laranga mulailah beralih bahwa mereka bukan anak-anak yang harus diperintah-perintah lagi, melainkan mereka adalah partner yang bisa diajak diskusi dan menentukan yang terbaik.

Jika saat genting ini orangtua mampu berperan, maka hubungan akan lebih baik dan pintu komunikasi akan terbuka buat kita, jika mereka nyaman seharusnya mereka tidak perlu cari kenyamanan itu di luar rumah. Dan kenyamanan yang paling instan dan mudah dicari adalah lingkungan teman dan narkoba.

Marilah praktikkan 5 dimensi dari Mindful Parenting.

Salam smile 
Melly Kiong  
www.emkaland.blogspot.com
www.menatakeluarga.com

"Anakmu bukanlah anakmu" cari di internet karya Khalil Gibran.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar