RSS

Pentingnya Menjaga Kepercayaan

Rabu, 15 Oktober 2014

Selamat pagi sobat eMKa yang bahagia. Rabu menggebu dari teras "Melly Kiong", setelah saya baca BC dari Pak Pras, saya merasa ini sangat cocok.

Melly Kiong

MENJAGA KEPERCAYAAN

ZengZi adalah seorang yang berprestasi + sangat dapat dipercaya. Suatu hari ketika istrinya hendak pergi ke pasar, anak mereka mulai menangis ingin ikut bersama ibunya. Ibunya menghibur dan berkata, Ssst... ibu akan segera pulang, jika mau mendengarkan ibu, nanti pulang kita akan potong ayam di kandang, makan enak hari ini.

Anaknya kemudian tidak lagi merajuk ingin ikut pergi ke pasar. Saat istrinya pulang sehabis belanja dipasar, ia kaget melihat ZengZi telah mengikat ayam, mengasah pisau & bersiap untuk memotongnya, istrinya bertanya, "Apa yg hendak kamu lakukan? Tadi aku hanya menghibur anak kita, bukan serius ingin melakukannya!"

ZengZi berpaling kepada istrinya dan berkata, "Kamu tadi berjanji sesuatu kepada anak kita. Sekarang kamu harus menepati janji. Walaupun dia adalah anak kecil, dia punya pikiran dan  bisa meniru Anda. Meskipun bukan hari raya, namun hari ini kita harus memotong seekor ayam untuk dimasak, kalau tidak, kita secara tak langsung mengajarkan kepadanya cara menipu. Jika ia tahu bahwa ia dibohongi oleh kamu, dia tidak akan pernah menpercayai kamu lagi."

Betapa mengerikan akibatnya, kita harus mengajarkan jalan yang benar. Setelah mendengarkan perkataan suaminya, istrinya menunduk dan kemudian ZengZi mengangkat pisau lalu memotong ayam tersebut.

Orang tua adalah guru pertama bagi sang anak. Alasan mengapa Zengzi memotong ayam? Dia memotongnya untuk menghindari akibat buruk, ia menyadari betapa contoh orangtua seperti itu dapat membawa anak meniru perilaku curang dan mengingkari janji pada org lain. Dia juga menyadari kepercayaan adalah hal yang penting dalam membimbing anaknya. Dia tidak ingin anaknya berhenti mempercayai orang tuanya, sesuai d engan pepatah yang mengatakan:

SEORANG ANAK BUKAN PENDENGAR YANG BAIK, DIA ADALAH PENIRU YANG ULUNG.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar