RSS

Kalau Mitra Kita Takut, Artinya Kita Gagal Membangun Hubungan Kemitraan

Kamis, 23 Oktober 2014

Selamat malam sobat member eMKa Land yang luar biasa, saya sangat bahagia karena selalu punya kesempatan untuk berbagi dengan cara seperti ini. Teh bijak malam ini harusnya menyejukkan.
 

Kita selalu dingatkan untuk mencari cara dalam membangun hubungan kemitraan yang baik dengan bawahan kita atau asisten kita di rumah. Namun berapa banyak yang tahu cara mempraktikkannya, sehingga tidak jarang banyak yang menyalahkan bahwa asisten atau bawahan kita yang masalah. 

Jujur persepsi majikan itu galak sudah mendarah daging dan sulit dibantah, majikan selalu posisinya lebih tinggi itu sudah tak terbantahkan juga, dan secara tidak langsung akan memunculkan ketakutan dari asistern kita, dan ini yang kadang-kadang tidak disadari. 

Nah karena saya ingin mengubah persepsi itu dan mulai dengan menunjukkan bahwa saya beda, maka saya berusaha membuat kondisi senyaman mungkin buat asisten saya, tidak ada rasa takut, melainkan segan berbicara yang tidak jujur malah akan menumbuhkan tanggung jawab yang lebih berarti, bahkan menaikkan kepercayaan kita kepada mereka. 

Misalnya: ketika anak kita jatuh, karena kondisi dia tidak takut dan bukan dalam kondisi yang selalu disalahkan, maka dia akan jujur mengutarakan yang sebenarnya sehingga kita bisa ambil antisipasi dan solusi yang tepat. Coba kita selalu membuat mereka takut bicara apalagi selalu menyalahkan mereka, maka mereka malah akan melakukan kebohongan demi kebohongan. Jadi tidak akan bisa membangun hubungan kemitraan yang baik.
 

Coba deh buka kembali komunikasi dua arah yang memposisikan mereka selalu nyaman mengutarakan pendapat.
 

Selamat mencoba
Smile Melly Kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar