RSS

Pindahkan Sekolah Anak Bukan Solusi

Selasa, 25 November 2014

Selamat pagi sobat eMKa Land, semoga hari ini semakin baik, karena dari kopdar kemarin saya pribadi sangat bahagia bahwa apa yang kami lakukan di komunitas eMKa Land mampu memberikan perkembangan yang sangat positif. Teras "Melly Kiong" pastinya semakin semangat.

Beberapa hari yang lalu seorang bapak yang punya kekhawatiran terhadap putrinya yang konon mendapat bullying dari cerita putrinya, dan punya rencana memindahkan anaknya ke sekolah yang lain. 

Pertanyaan saya yang pertama, apakah 100 persen yang disampaikan putrinya bisa dipercaya, dan yang kedua apakah yakin jika putrinya pindah sekolah pasti beres? 


Bagaimana perilaku putrinya yang mengundang teman-teman jadi senang ngerjain dia. Ini bukan pada kasus anak-anak, seperti kita-kita jika ada teman yang enak dikerjain bukan karena kita jahat, melainkan teman yang siap diisengin itu bisa jadi bahan yang menyenangkan ketika kita berkumpul. Jadi harus lihat kasusnya dan kenali permasalahannya serta cross check ke pihak lain, baik guru maupun teman. Kalau perlu kita ajak anak susun strategi supaya dia jadi anak yang disukai. 

Jadi ingat kasus Julian kecil setiap mau masuk ke rumah temannya selalu dicekal, rasanya pilu sekali melihatnya. Namun saya percaya Julian mampu menyelesaikannya dan begitu Natal tiba, malah kita berikan kado Natal buat temannya, akhirnya happy ending deh.

Jadi kita tidak usah terlalu panik, tetap perlu mengawasi dan cari solusinya bersama, bukan mengajak anak kabur dari masalah yang ada melainkan ajari cara menghadapinya dengan cerdas.

Salam Smile 
Melly Kiong  

www.emkaland.blogspot.com
www.menatakeluarga.com

"Orangtua tidak akan bisa memberi jalan tanpa sandungan kepada anak, melainkan temani mereka melewati sandungan dengan cerdik."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar