RSS

Mental Konsekuensi Itu Penting Buat Anak

Selasa, 18 November 2014

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa tak boleh ada yang putus asa. Teras "Melly Kiong" tak pernah redup semangat untuk menyemangati siapa pun yang mau eling jadi orangtua.

Ada nih cerita seperti ini:
Bu Melly, anak saya bangunnya susah, jadi setiap hari setiap pagi terutama, harus buat kami marah-marah karena sekolahnya bisa terlambat. Belum lagi makan nasinya lama dan lain-lain. (Mau tahu dong orangtua yang makan pagi-pagi di sini? Boleh kasaih tahu ya?) Kebayang stresnya ya di rumah "emosi" ibunya teriak, bapak teriak, belum lagi nenek kakek ikut teriak.

Coba ganti cara ini: Nak, kamu setiap hari diteriakin enak nggak? Kayaknya kita harus ganti nih caranya, kamu maunya bangun jam berapa? Pagi-pagi kamu susah makan nasi ya? Istirahat pertama jam berapa? Bagaimana kalau kamu minum susu + roti supaya perut tidak kosong, tapi janji lho ya, mama tidak mau teriak lagi, bagaimana kamu di pagi hari, yang penting jam berangkat sekolah kamu sudah siap dan kalaupun terlambat kamu yang hadapi guru dan kepala sekolahmu. Siap??? Kita mulai besok.

Nah orangtua, tahukah pagi-pagi anak yang kesel maka seharian di sekolah juga tidak nyaman? Bagaimana mereka bisa sekolah dengan baik? Kasihan sekali ya mereka selalu jadi bulan-bulanan karena ikutin maunya orangtua.

Boleh yuk coba, Mindful Parenting selalu mengajak orangtua untuk berempati tidak selalu harus ikut maunya orangtua dan berempatilah pada anak-anak kita.

Yuk praktikkan pagi tanpa marah-marah maka seisi rumah akan bahagia.

Selamat pagi
Smile Melly Kiong 


www.emkaland.blogspot.com
www.menatakeluarga.com

"Jika kita tidak suka diperlakukan seperti yang diinginkan oranglain, maka janganlah perlakukan anak kita seperti yang kita inginkan."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar