RSS

Libatkan Kakak untuk Ngertiin Adiknya

Kamis, 05 Maret 2015

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Kamis dari yang manis di teras "Melly Kiong" dengan seduhan teh manisnya.

Pasti jengkel dan kesel kalau kita bicara sama anak tapi tidak bisa mesra, benar tidak? Ya itu yang saya rasakan sama Matthew. Entah kenapa saya berasa akhir-akhir ini dia lebih suka jawab iya, tidak, bukan, nggak tahu, dan kalimat terakhir membuat aku tersadar "Ih Mama, selalu mengulang-ulang pertanyaan yang sama."

Di situ cepat saya berpikir, gaya saya yang salah, saya berusaha dengan gaya lain ah, ketika dia main sama temannya, berusaha akrab sama temannya, dan ternyata saya perhatikan bagaimana cara dia ngobrol sama papanya kok lain? Tidak usah khawatir, cari jalan lain Melly. Itu yang ada dalam benak saya, sampai saya tanya teman saya yang anaknya seumuran, ternyata sama bahwa anaknya juga lebih banyak problem sama mamanya dibanding sama dia.

Terus saya tanya apa yang jadi problem? Masalah di bahan komunikasi karena mamanya gaptek. (Oh aku menemukan titik permasalahan), tapi bagaimana ya kalau mak mak memang gaptek? Tidak kehabisan akal, semalam coba ngobrol sama Julian, dan ada hal yang saya benar-benar disadarkan adalah "Mama itu ada masanya anak tidak suka banyak ngobrol, Ian juga pernah melewati masa itu dan nanti juga berlalu."

Ya Tuhan, di mana kebijaksanaan pergi? Jadi lihat kembali Puisi Khalil Gibran "Kau dapat berupaya keras menjadi seperti mereka, tetapi jangan pernah mencoba membuat mereka sepertimu."

Yah okelah, saya belajar berikan waktu dan belajar tidak gaptek lagi kelesss...happy aja dapat ilmu baru.

Smile Melly Kiong  
 
www.emkaland.blogspot.com
www.menatakeluarga.com



"Anakmu bukanlah anakmu, mereka datang melaluimu tetapi bukan milikmu" Khalil Gibran.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar