RSS

Aku Boleh Diatur Asal Tidak Keterlaluan

Senin, 23 Maret 2015

Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, semangat Senin ya, teras "Melly Kiong" dari Nias masih setia.

Kemarin saya mendapati seorang anak yang ditunjuk ibunya beserta gurunya sebagai anak yang susuah diatur. Saya paling penasaran dengan hal demikian dan saya ingin segera tahu dari anaknya, saya ajak bicara mengapa dia seperti itu? Jawabannya sangat manusiawi dan mengharukan, "Saya mau diatur asal tidak perlu keterlaluan dan tidak perlu pakai kekerasan."

Langsung aku peluk anak itu dan batin saya bisa merasakan bagaimana jadi anak yang tidak berdaya, dan pemberontakan yang dilakukan adalah buah dari ketidakberdayaannya sebagai anak.

Saya sangat yakin bahwa tidak ada anak nakal jika kita menerapkan Mindful Parenting, berikan anak ruang untuk bicara, berikan anak kesempatan untuk didengarkan, bukalah pintu empati, dan selalu ingat anak-anak belum pernah jadi orangtua dan jangan berharap mereka untuk ngertiin kita. Tetapi kitalah yang mampu mengerti mereka karena kita pernah jadi anak-anak.

Sungguh memprihatinkan menjadi anak-anak yang tidak berdaya. Mari introspeksi diri, dan berusaha walaupun tidak mudah.

Smile Melly Kiong  
www.emkaland.blogspot.com
www.menatakeluarga.com


"Jangan biarkan anak merasa menemukan jalan buntu di masa kanak-kanaknya, melainkan berilah lapangan luas untuk kebahagiaan mereka."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar