RSS

Bertahap Melepas Anak Berkumpul dengan Komunitasnya

Selasa, 04 Agustus 2015

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa dari teras "Melly Kiong" semoga terus menghidupkan asa baru bagi orgtua.

Sering orgtua mengatasnamakan sosialisasi, banyak yang kebablasan dalam memberikan kebebasan anak berkumpul dengan teman2nya bahkan ada yg sampai nginap segala. Ini dulu sudah pernah dibahas.

Namun hari ini saya bahas, kapan sih anak anak boleh dilepas bebas? Tentunya pelepasan harus dilakukan bertahap dan tetap dalam kontrol. Sebaiknya kita tetap pada posisi menemani walaupun tidak langsung. Misalnya anak minta ke mall bersama teman2nya, mau nonton dan mau makan. Terima itu dengan catatan, jika mau nonton film apa yang akan ditonton. Jika mau makan, sesuaikan dengan uang jajan yang mereka punya + tambahan bonus kecil dari kita, sebagai tanda bahwa kita berikan mereka kesempatan berkumpul dalam arti kata tidak semua kita tolak. Dan momen ini bisa dijadikan momen membuat kesepakatan misalnya berapa lama, posisi HP harus hidup, jika terlambat mereka wajib memberitahukan supaya tidak membuat orangtua khawatir, dan lain-lain.

So tetap harus bertahap, dan jika kita bisa lakukan maka kesepakatan berjenjang juga akan dihargai anak-anak kita.

Yuk belajar melepas dengan penuh tanggung jawab.

Smile Melly Kiong
Www.menatakeluarga.com
Www.emkaland.blogspot.com

"Belajarlah menempatkan diri sebagai remaja masa kini, dan hayati perannya untuk membangun jembatan persahabatan dengan anak kita."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar