RSS

Orangtua Bingung Ketika Anak Tidak Tahu ke Mana Jurusannya?

Senin, 18 Mei 2015

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Senin dari teras"mellykiong" akan selalu menemani dgn teh ilmu elingnya.

Tgl 15 kemarin pengumuman kelulusan buat anak SMA, dan Julian adalah salah satunya. Terima kasih doanya dr mulai ujian sampai pengumuman kemarin.

Beberapa hari ini saya mendapati banyak orgtua yg bertanya kemana Julian kuliah dan mereka menceritakan anak2nya mereka yg memilih jurusan yg tdk disukainya dgn alasan itu tidak ada masa depan. Nah lho....langsung saya memutar balik perjalanan Julian yang mulai kelas 3 SMP sdh bilang pengen masuk jd dokter, trs bgmn dia kejar sampai bisa masuk IPA, sampai dia akhirnya les kimia, fisika,Biologi dan test sampai diterima. Dan Matthew juga mulai bidik IT dikelas 1 SMP, semakin yakin kelas 2 dan dia juga mulai konsentrasi utk bisa masuk IPA dll.

Saya jadi sangat menyadari, membiarkan mereka memilih diwaktu kecil dan memfasilitasi pilihan mereka sbnrnya jauh lbh tepat, dibandingkan kita yang memilihkan buat mereka. Kembalikan kepada passionnya mereka ada dimana dan support mereka utk mencari tahu, biarkan mereka cerita dan perlihatkan bahwa kita mendukung cita2nya. Seperti Julian begitu mengagumi sahabat saya dr.Taruna,dokter Uksnya dll. Matthew skrg mengagumi guru lesnya, papanya sll ajak dia ke pameran dll.

Ayo orgtua, bukan pilih yang kita suka, ttp berikan keleluasaan. Mereka memilih dgn bertanggung jawab.

Selamat pagi, Melly Kiong
Www.menatakeluarga.com
Www.emkaland.blogspot.com

"Jangan membuat gambar yang kita inginkan, tetapi ajaklah anak utk ikut menggambar yg disukai"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar