RSS

Bawalah Anak Kita Keluar dari Kerangkeng Stres



Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, salam kenal buat sobat yang baru bergabung, nikmatilah keramahan di ladang perubahan kita. Sorry terlambat ya, soalnya nganter mertua check up dulu.

Beberapa ini adalah pertanyaan yang muncul dari sobat-sobat eMKa Land yang membuat saya berpikir bagaimana ya anak-anak yang diasuhnya jika orangtuanya begitu stres, takut. Anak gagal, takut anak di-bully, takut anak tidak aman. Waduhhh, sedih rasanya jadi anak-anak, belum lagi anak-anak yang ujung-ujungnya disalahkan mereka tidak sesuai yang diinginkan.

Sobatku orangtua, Mindful Parenting selalu mengedepankan bagaimana kita berempati, yuk coba pindah posisi ke anak-anak kita, usia yang seharusnya mereka bermain, waktunya telah terebut oleh sistem pendidikan yang begitu rumit. Ditambah lagi monster-monster berwajah papa mamanya yang ikut membangun tirai stres.

Semua serba diatur dari pagi sampai malam, dari bangun sudah diteriaki, sikat gigi salah juga, makan nggak habis salah, makan kebanyakan di-stop, nilai bagus masih dikomplain karena tidak juara.

Sudah besar dia main sama anak cowok ditakuti-takuti, naik bus takut, mau kerja hitungannya tidak masuk, tidak kerja merusak mata orangtuanya. Sudah ya, saya yang tulis aja stres, dan yang bisa saya introspeksi diri adalah saya bersyukur dengan almarhumah mama saya yang selalu memberikan kebebasan saya untuk memilih dengan menggambarkan sebuah lingkaran yang memperbolehkan saya jalan ataupun lari tetapi tidak keluar dari lingkaran.

Ternyata itu sangat membahagiakan diri saya, dan banyak pembelajaran saya terjatuh, tersandung dll, tetapi itu semua begitu indah buat kehidupan saya. Itulah warisan yang bisa saya wariskan ke anak-anak kami.

Dan kami tidak stres ketika Matthew laporan "Mama aku rangking 23 dari 27 murid lho. "Apa yang aku jawab?" Kamu hebat, bisa juara 4 dari belakang, tetapi kamulah juara sejati karena 22 orang temanmu pergi les, tetapi kamu usaha sendiri. Jika kamu mau belajar setiap hari saja pasti kamu akan meluncur melebihi teman-temanmu karena kamu anak yang cerdas."



Always smile
Melly Kiong
www.emkaland.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar