RSS

Anakku Sangat Mandiri, Atau Tidak Membutuhkan Aku???

Rabu, 03 September 2015 

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Rabu menggebu. Teras "mellykiong" hadir dengan teh ilmu yang tidak pernah basi. 


Pernyataan orangtua yang membanggakan anaknya yang sangat mandiri, terutama anaknya yang tidak tinggal bersama, apalagi sangat jauh sampai keluar negeri, tentu akan membuat si anak terbiasa hidup mandiri karena terpaksa. 


Jadi ingat kondisi bosku, anak-anaknya usia 10 tahun sudah dikirim keluar negeri, walaupun tinggal dengan saudara, tetap anak merasakan kekosongan peran orangtuanya. Dan saya sendiri pernah dengar bagaimana anak melontarkan sebuah pertanyaan yang sangat menyakitkan ketika ditegur bapaknya. "Daddy ke mana saja waktu saya umur 10 tahun? Sekarang baru mau ngatur aku?" 


Saya kaget setengah mati dan tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan bos saya saat itu. Tetapi satu kalimat yang bos saya berikan adalah "Melly, jika suatu hari kamu mampu mengirimkan anakmu sekolah keluar negeri, kirimlah pada usia dia benar-benar mengerti mengapa dia harus dikirim dan buat apa."

Jadi sobat sekalian, mengharapkan kemandirian anak harus dengan alami, bukan dengan instan dan memisahkan anak di usia yang sangat perlu pendampingan kita.


Yuk belajar menerima, mencari solusi dengan kemampuan kita dan ikuti prosesnya, bukan membeli hasilnya.


Smile Melly Kiong

Www.menatakeluarga.com  
Www.emkaland.blogspot.com

"Proses adalah pendewasaan diri yang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan hasil akhir yang alami."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar