RSS

Jika Suami Tetap Tidak Senada Dalam Mendidik

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Senin terlambat datang dari "Teras Melly Kiong" ya? Mohon maaf ya, tetapi tetap ada.

Selamat datang bagi teman-teman baru yang luar biasa di Pontianak, semoga ini menjadi tempat indah buat kita semua berbagi.

Ada pertanyaan seorang ibu yang terkesan sudah tidak ada caranya lagi untuk mengatasi pihak suami yang berbeda dalam pola pengasuhan anak. Saya rasa hal yang sama juga dirasakan oleh banyak suami karena istri yang sulit diajak komunikasi. 

Sebenarnya gaya komunikasi saja yang harus diubah. Dulu saya pernah bahas tentang tidak adanya aturan baku yang mengharuskan seorang istri untuk memberikan komando, bisa saja yang beri komando adalah suami, yang "potong" satu komando, supaya anak tidak bingung. 

Jika itu juga tidak bisa, maka sebagai ibu atau bapak, jika menemukan sesuatu yang kurang dari pasangan yang melakukan suatu tindakan yang menurut kita kurang baik, maka posisikan kita sebagai penengah yang bisa menjembatani dengan bijaksana agar tidak menimbulkan kesalahan yang lebih dalam. Misalnya jika bapaknya melakukan hal yang salah, sebagai ibu bisa menjelaskan bahwa tidak semua yang dilakukan oleh papa mama pasti benar, jika salah jangan ditiru, tetapi sebaiknya kita juga jelaskan mengapa papanya melakukan hal tersebut supaya anak mengerti.

Selalu ingat untuk tidak menghakimi diri sendiri dan anak, tetaplah eling untuk membangun komunikasi.

Selamat pagi
Salam smile
Melly Kiong


"Tidak ada jaminan semua yang dilakukan oleh orang dewasa adalah yang paling benar."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar