RSS

Anak yang Guling-Gulingan di Tempat Umum

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semoga hari Senin ini akan jadi penyemangat indah buat hari-hari selanjutnya yang dimulai dari "Teras Melly Kiong" dengan banyaknya sisi pendidikan anak yang bisa digali.

Kemarin hari yang sangat menyenangkan buat saya dan keluarga karena kami melewatinya dengan bahagia, banyak obrolan indah bersama Julian tentang masa kecilnya dan bagaimana dia adalah guru bagi saya.

Saat di mal saya memperhatikan seorang anak yang guling-gulingan di lantai, tidak bisa diatasi oleh kakeknya yang mungkin tidak kuat, kira-kira apa yang tergambar oleh kebanyakan orang? Pasti orangtuanya selalu menuruti apa maunya anak itu, takut anaknya nangis. Dan ternyata benar bapak-bapak yang duduk di sebelahku ngobrol sama anaknya, dengan menunjuk ke anak yang guling-gulingan itu, kalau kamu seperti itu sudah pasti papa tinggalin.

Benar tidak penyelesaian bapak itu? Bisa benar, jika diawali dengan penjelasan bahwa guling-gulingan di lantai pertama kotor tidak baik untuk kesehatan. Yang kedua kita akan kerjasama dengan pihak keamanan mal dengan menitipkan mereka sampai mereka berhenti menangis akan kita jemput. Jadi setidaknya kita tidak membiarkan anak merasa kalau tangisannya bisa dijadikan senjata.

Anak semakin cerdas, dan tentunya orangtua harus semakin cerdas juga agar tidak timpang.
Mindful Parenting sangat membantu kita memposisikan diri di tempat orangtua yang bijaksana tentunya, tidak berlebihan dalam memberikan apresiasi dan selalu sesuaikan dengan kebutuhan anak.


Happy Monday
Smile
 
Melly Kiong 

" Orangtua bijak adalah orangtua yang tidak hanya melindungi fisik anak, melainkan bagaimana mempersiapkan mental anak dalam menghadapi kegagalan."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar