RSS

Ketika Aku Mencoba Melepaskan Labelku Sebagai Ibu


Selamat pagi sobat eMKa Land yang luar biasa, selamat ketemu kembali di "Teras Melly Kiong " ada rasa rindu untuk terus menyeduhkan teh ilmu bagi sobat-sobatku.

Sobat orangtua yang hebat, dua hari ini saya mengikuti perjalanan Matthew yang outing ke Puncak, dan saya benar-benar mencoba mencopot label saya sebagai orangtua dan dengan rela menggantikannya sebagai panitia.

Saya mencoba menahan diri untuk tidak mau tahu di mana lokasi kamarnya, tidak mau bertanya apa saja kekurangan dia, mengingatkan dia,  apa pun pokoknya benar-benar saya coba memberikan dia ruang untuk tidak merasakan kehadiranku sebagai orangtuanya melainkan benar-benar sebagai panitia.

Berat tidak sih? Sangat!!! Saya berusaha sangat keras untuk tidak mencari di mana kamarnya, saya tidak datang ke meja untuk meyakinkan makanan apa saja yang dimakannya, saya tidak mengingatkan dia untuk melakukan ini itu seperti yang biasa dilakukan di rumah.


Namun ada hal positif yang saya dapati, saya bisa menikmati kebebasan dia bersama teman-temannya dari jauh, saya bisa mencermati apa yang dilakonin bersama teman-temannya, saya bisa melihat kedewasaannya dalam berteman, dalam mengatur dirinya sendiri, dan saya mendapati perkembangannya yang luar biasa sebagai praremaja, sungguh adalah pembelajaran saya sebagai ibu yang mencoba memasuki dunianya untuk bisa lebih memahami.

Saya tadinya agak iri dengan teman-teman yang bisa foto-foto dengan anak-anaknya, namun setelah saya tata kembali komitmen awal saya, saya mendapati bahwa itu harus saya lewati sebagai panitia, bukan sebagai seorang ibu.  Bukan Matthew saja yang bertumbuh, melainkan saya sebagai seorang ibu sangat luar biasa, belajar melepas kekhawatiran dan membangun ruang pendekatan sebagai sahabat sudah lebih nyata di saat dia masuk usia remajanya. 

Wow pokoknya seru dan seru sekali judulnya, banyak hal yang saya dapatkan, banyak pembelajaran baru bagi saya sebagai seorang Ibu.

Mindful Parenting benar-benar membuka mata saya sebagai ibu bagaimana harus memasuki dunia anak-anak kita dan hanya bisa terjadi dengan empati.

Selamat ikut menikmati


Smile
Melly Kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar