RSS

Bicara Edukasi Seks, Peran Siapa Ya?


Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, silahkan icip ubi gorengnya dan teh Korea di "Teras Melly Kiong" saya tidak berani coba karena sakit tenggorokan.

Saya sering mendapat pertanyaan ibu yang punya anak remaja laki dan perempuan, tentang bagaimana sih memberikan seks edukasi kepada anak-anaknya yang beda jenis kelamin? 

Karena saya punya anak laki-laki, jadi mulai dari kecil saya yang berikan pembekalan berdasarkan buku yang saya baca "dr .Clara Chriswanto", itu tergantung fase-fase umur. Dari usia 2 tahun sebenarnya sudah bicarakan tentang alat kelamin saja, dan beritahukan namanya yang benar jangan pakai arti kias-kiasan. Serta beritahukan bahwa itu adalah pemberian Tuhan yang sangat berharga jadi dia harus menjaga dengan baik.Yang boleh melihatnya hanya mama, papa, dan dokter.

Jadi kita dari kecil sudah mengajarinya menjaga diri. Setelah agak besar kita ceritakan tentang bahaya atau penyakit yang ditimbulkan karena tidak menjaganya dengan baik. Fase remaja sebaiknya anak laki dialihkan ke bapaknya dan perempuan ke ibu supaya saat membicarakannya lebih sesuai dan alami. 

Godaan yang paling sulit bagi orangtua adalah kadang sulit mengendalikan rasa malu dan tabu karena budaya ketimuran kita, akibatnya banyak anak yang tidak bisa mendapatkan pendidikan ini dari orangtua dan mendapatkannya dari lingkungan terutama teman-temannya.

Jadi peran ini harus diambil alih oleh orangtua dan bekali diri dengan buku baacaan tentang seks edukasi.

Mindful Parenting selalu mengingatkan diri sendiri dan tidak menyalahkan yang di luar, so apa pun yang terjadi kitalah yang harus mulai untuk melakukan perubahan itu dan jadikan unsur keamanan anak lebih penting daripada rasa malu.


Salam smile
Melly Kiong


NB: 
Berdasarkan banyak asas manfaat dari BC ini saya mohon maaf jika yang tidak pernah feedback namanya akan saya hapus supaya tempatnya bisa saya gantikan dengan yang membutuhkan, supaya gerakan penyebaran virus ini lebih cepat terasa. Terima kasih.

Untuk itu saya butuh smile back bagi yang sudah baca ya, sorry sekali lagi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar