RSS

Ciptakan Kondisi Agar Anak Dapat Berpikir dan Bertanya

Senin, 10 Agust 2014 

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, Senin semangat ya... Teras "Melly Kiong" selalu hadir dengan seduhan teh ilmu yang bermanfaat. 

Banyak sekali orangtua yang masih risau dengan anak-anaknya terkontaminasi dan dampak yang tidak baik dari lingkungan. Padahal anak tidak mungkin terhindar dari lingkungan karena mereka adalah makhluk sosial. 


Bagaimana dong memagari anak-anak kita? Sebenarnya mudah sekali ikuti cara ini ya: 

  1. Terimalah bahwa lingkungan adalah tempat yang sangat baik untuk mendidik anak bersosialisasi secara nyata, dan jangan dihindari. 
  2. Jika menemukan anak kita melakukan hal yang di luar pola asuh kita, misalnya berkata kasar, ajak anak untuk berkomunikasi terlebih dahulu apakah dia mengerti kata yang diucapkan. Jika belum mengerti maka tugas kita untuk menjelaskan. 
  3. Jika sudah mengerti, maka kita harus tegas bahwa kita tdk akan mentoleransi dan mereka harus menerima segala konsekuensinya.
  4. Selalu mulai dengan kalimat menurut kamu... Ini akan memberikan kesempatan kepada anak bersuara dan mengeluarkan pendapatnya dan kita akan tahu sejauh mana anak kita memahaminya.

Percayalah jika kita selalu libatkan mereka untuk menilai apa yang mereka lakukan, maka ini akan menjadi alarm yang baik buat mereka berpikir bahkan sebelum melakukan.

Yuk, belajar untuk tidak menghakimi anak anak kita, dan ayo kitalah yang belajar melihat sisi baik mereka, maka kita akan lebih sabar lho. 


Semangat Senin 

Smile 
Melly Kiong  
www.emkaland.blogspot.com
www.menatakeluarga.com


"Berikan kesempatan anak untuk bertanya, maka kita akan tahu sampai sejauh mana kita telah melatih kesabaran kita."
 

NB: 
Yuk perbaiki hari ini dengan praktik memberi... Berilah senyum dan BC ini ke  teman, saudara dan ke siapa saja agar banyak yang mau berubah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar