RSS

Observasi dan imitasi


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa dari "Teras Melly Kiong" tetap lebih menyala.
Sebenarnya ada rasa sedih dengan perkembangan dari cara orangtua menentukan prioritas. Hari Minggu kemarin di sebuah gereja dekat rumah, dengan umat sebanyak 7000 orang mengadakan seminar revitalitalisasi keluarga yang menurut saya luar biasa. Hanya dengan bayar Rp 30.000 dapat makan, snack dan minum. Bayangkan bagaimana gereja itu telah melakukan sebuah kegiatan yang begitu luar biasa untuk keluarga umatnya. Namun sayang sekali yang hadir rasanya tidak sampai 200 orang. Padahal materinya benar-benar bagus dan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orangtua. Bagaimana keseluruhan perilaku yang terjadi pada anak yang konon "menyebalkan" dll, adalah hasil imitasi dari anak sejak pembentukan otaknya mulai sempurna yaitu "8 bulan", coba hitung baik-baik berapa lama sudah anak kita memodeling kita. Bagaimana anak melihat caranya orangtua yang menghilang dengan tiba-tiba ketika anak sedang disuruh makan, yang membuat anak tidak lagi percaya sama orang lain.
Waduh rasanya sangat banyak yang akan membuat kita tercengan jika kita membolak balikkan kembali lembaran kesalahan kita dalam mendidik.
Jujur aku mau mencoba mencari lembaran yang salah dan mengintrospeksi kembali dan membicarakan dengan anak-anak ah, semoga tidak terbawa kesalahan ini selamanya.
Bagaimana dengan anda???
Smile Melly kiong www.menatakeluarga.com
"Jangan malu untuk melihat kesalahan kita jika kita mau perbaiki diri sebagai orangtua"
Untuk Workshop Mindful Parenting biayanya hanya Rp 1.5 juta untuk dua hari ( max 30 orang) dan ini program yang tepat buat mencari lembaran yang harus kita perbaiki.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar