RSS

Anak sudah dihukum di sekolah dirumah tetap kena lagi


Selamat pagi sobat eMKa Land yang baik, semangat Senin ya, pasti lebih semangat setelah bersenang-senang selama 3 hari bersama keluarga, semalam saya sudah cek lho. Teras "melly kiong " juga libur 3 hari.
Oh ya, beberapa hari yang lalu ada sobat yang bertanya tentang sikap dia bagaimana harusnya ketika mendapati anaknnya kena hukum Gurunya di sekolah, apakah benar dia harus dihukum kembali di rumah seperti yang dilakukan temannya.
Saya sangat menghargai sikap orangtuanya yang hati-hati sekali dalam menjaga sikapnya. Dan kebanyakan tidak dilakukan, padahal dalam mindful parenting selalu diingatkan bagaimana kita harus praktekkan mendengarkan dengan penuh perhatian, empati dan tidak menghakimi.
Ini akan lebih baik jika kita tidak menghakimi, dengarkan apa alasannya dia masuk ke dalam tim yang membuatnya melakukan kesalahan, ajak anak diskusi apakah itu adalah kesalahan menurut dia? Jika iya, maka tegaskan bahwa sangat disayangkan seorang anak baik yang tahu mana baik dan mana salah tetap melakukan kesalahan, jadi kamu kasih dia selamat atas hukuman yang pantas dia terima.
Menghukum kembali tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan anak tidak belajar dan membuat jarak kita semakin jauh, yang ada anak hanya takut salah, namun tidak mengerti mengapa tidak boleh salah, dll. Yuk, selalu berikan ruang kepada anak untuk didengarkan dan berbicara.
Mindful parenting??? Solusi generasi Indonesia yang lebih baik.
Salam Melly kiong www.menatakeluarga.com
" Mencintai anak bukan hanya memberikan kondisi yang baik saja melainkan juga memberinya kesempatan untuk mengetahui bahwa hal tidak baik selalu ada disekitarnya "

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar