RSS

Anakku Mau Pacaran Euy


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, pagi ini berharap semua bisa tersapa wangi teh di Teras Melly Kiong.

Ada yang menarik, sharing dari sahabat saya kemarin membuat saya tertawa, ternyata hampir semua orangtua punya kekhawatiran akan kehilangan anaknya ketika memasuki pacaran ya? Kayak tidak pernah muda aja... he he he

Walaupun saya belum alami tetapi saya sudah membekali diri bagaimana cara menghadapinya, dari teman-teman yang sudah merasakan yang dari sisi baik maupun buruk.

Kalau tidak salah kasus anak Lause yang orang Taiwan sudah pernah saya share di sini, tetapi kali ini saya ingin share ilmu Bu Funny yang mempraktikkan ilmu Mindful Parenting dengan sempurna.

Berempatilah dengan menempatkan diri sebagai anak, jadilah sahabatnya dan bernostalgialah dengan apa yang pernah kita rasakan ketika ketika itu, bagaimana rasanya jika orangtua kita tidak suka dengan pasangan kita, dan bagaimana bahagianya ketika orangtua kita bisa jadi sahabat pasangan kita.

Wow dunia serasa milik berdua. Ini adalah fase yang sangat penting dan juga bahaya jika orangtua tidak mengerti bagaimana menempatkan diri. Jadilah sahabatnya dan terbukalah bukan jadi satpam atau kritikus yang selalu melihat kekurangan pasangannya.

Ajak anak menilai sendiri jika kita menemukan kekurangannya dan pujilah dia jika kita menemukan kelebihannya. Satu hal yang dilakukan Bu Funny yang membelikan hadiah buat pasangan anaknya menurut saya itu luar biasa, orangtua yang membangun jembatan persahabatan bukan memblokir jalannya.

Di mata anak pasti akan sangat positif, sehingga memudahkan kita memasuki dunia mereka dan posisi tempat curhat sudah kita pegang ketika hubungan mereka ada masalah. Kita juga pernah muda dan pernah merasakan bagaimana jatuh cinta, jadi akan lebih gampang buat kita berempati.

Buanglah kekhawatiran, dan titip tanggung jawab ke anak bahwa "pasangan yang baik adalah pasangan yang bisa menjaga kehormatan dia dan membuatnya lebih baik dari sekarang" dan katakan papa mama adalah tempat terpercaya untuk sharing apa pun, dan kapanpun dibutuhkan.


Sweet smile
Melly Kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar