RSS

Anak Juga Ada Mood-nya Ya...


Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, selamat datang bagi penghuni baru, feel free untuk nikmati seduhan teh di "Teras Melly Kiong" setiap pagi, mau gula silakan yang tidak mau tidak paksa karena di sini semua bebas. Bingung kan buat yang baru gabung...? Sabar lama-lama juga tahu.

Kemarin sore saya dapati seorang sobat yang terimajinasi sama saya, dia turun dari mobil, kesel masuk rumah lempar kunci duduk di sofa langsung ambil BB dan cari Melly Kiong.

Kalimat pertama " Buuuuu, lagi keselllll dan emosiiiii sama anak saya", aku membiarkan dia cerita sampai habis, ternyata halnya sepele. Namun dia tidak sadar sudah nulis hampir 1 bab buku.

Sederhana, anaknya tidak melakukan apa yang dia inginkan. Dia merasa kesalahan anaknya harus dipertanggungjawabkan kepada orang lain saat itu juga dengan minta maaf sesuai dengan skenario dia sebagai sutradara dalam hidupnya.

Satu hal yang dia lupa, pemainnya manusia yang hidup, punya mood yang tidak sama setiap saat, bisa capek dan kesel apalagi baru pulang les, ditambah sekolah seharian, aduh yang ada saya malah merasakan teriakan anaknya. "Kenapa sih mama tidak ngerti perasaanku, aku tadi lagi kesel nih sama temanku, aku tadi sebel nih di tempat les, sekarang malah aku lagi yang salah, semua salah, semua yang mama mau saya harus ikut."

Sobat orangtua eMKa Land, jalankan prinsip Mindful Parenting, empati dengan mereka dan jadilah mereka, kita akan tahu bagaimana kita seharusnya bersikap. Kondisi dibalik, apakah kita senang memiliki orangtua seperti gambaran kita? 

Jika tidak selalu ada cara untuk memperbaiki diri disini, dan sekarang. Minta maaflah kepada anak jika kita salah, bahas permasalahannya dan berikan ruang kepada anak untuk bicara dan dengarkan.

Mindful Parenting? Solusi hidup keluarga yang lebih bahagia.


Salam
Smile
Melly Kiong
@mellykiong@emkaland

Bagilah ilmu maka kita akan semakin kaya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar