RSS

Ada Ketakutan Anak yang Perlu Dipertahankan


Selamat pagi soba eMKa Land yang berbahagia, semangat menemukan suka cita di hari Minggu.

Setiap orangtua seharusnya setiap hari mendapatkan pelajaran dari anak-anaknya, baik yang perlu dipertahankan maupun yang tidak perlu.
Pagi ini topiknya memang sedikit aneh bagi kebanyakan orangtua, karena kebanyakan orangtua selalu bertanya bagaimana membuang rasa takut anak. Tetapi kasus ini berbeda. 
Kemarin sore saya mendapati Matthew pulang dengan wajah terlihat lelah karena habis latihan MD untuk ujian nanti. Tetapi dia tergesa-gesa menuju meja tamu dan sepertinya mencari sesuatu tetapi tidak menemukan, saya perhatikan mbak-mbaknya sibuk juga mencari dan saya tanya, “Apa yang hilang?” Katanya tulisan-tulisan dan bagi saya itu bisa diminta kembali ke teman, dan lain-lain.
Seluruh tempat sampah juga diubek-ubek namun tidak diketemukan. Dan Matthew duduk tersungkur di lantai sambil menangis.
Situasi cukup serius rupanya dan saya mendekatinya, saya memberikan dia sesi menjelaskan dari awal sampai akhir. Ternyata itu adalah kode voucher games temannya yang dititipkan. Dan nilainya menurut Matthew sangat besar, Rp 50.000 setara dengan 3x uang jajannya. Dia merasa harus bertanggung  jawab menggantikannya tetapi dia ukur kekuatannya yang tidak mungkin. 
Mindful Parenting yang selalu mengajarkan bagaimana kita berempati dengan anak, bagaimana kalau kita berada diposisi anak kita. Spontan saya katakan bahwa dia sangat hebat, punya rasa tanggung  jawab dan tidak menyepelekan bahwa semua bisa diselesaikan oleh orangtuanya dan dia mengukur kekuatan diri. Dan saya pakai kesempatan itu untuk meminta dia tidak mengulangi hal yang sama di kemudian hari. Dan saya dengan tenang menyatakan akan membantu dia menggantikannya. Ternyata ketakutan dia adalah bukti nyata sebuah tanggung  jawab yang sudah bertumbuh.
Sobat, eMKa Land bukanlah tempat menunjukkan kehebatan siapa pun melainkan tempat kita mendapatkan edukasi yang membentuk diri kita menjadi orangtua yang lebih bahagia dan berkualitas.
Selamat beribadah...


Smile
Melly Kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar