RSS

Guru Etos Indonesia

Sore sobat eMKa Land yang luar biasa, tak sabaran saya ingin menceritakan hal yang begitu indah, pelajaran hidup yang sangat luar biasa, dialah Guru Etos Indonesia, Bapak Jansen Sinamo. 

Saya kenal nama beliau dari radio Smart FM, saya selalu mendengar bagaimana beliau memberikan pengetahuan tentang etos atau semangat yang wajib dimiliki oleh seorang warga negara, seorang karyawan dll. Saya banyak belajar dari pandangan beliau yang sangat positif membangun kualitas bangsa. Sampai suatu hari saya lupa-lupa ingat saya mendengar kabar kalau beliau kena stroke dan tidak bisa siaran. 

Ada kehilangan yang saya rasakan. Tetapi lewat etos hidup yang positif dan luar biasa, beliau bangkit dari sakit sampai bisa kembali siaran. Menurut saya pribadi beliau sungguh seorang Guru Etos yang sangat patut diteladani. Kesederhanaan dan keramahan serta kesadaran menerima semua cobaanlah yang membuat beliau bangkit.
Hari Pendidikan Nasional tahun lalu saya disandingkan untuk berbicara dengan beliau di Smart FM, sungguh adalah anugerah bagi saya. Dan silahturahmi pun terjaga sampai beliau bersedia makan siang bersamaku hari ini, dan memberiku sebuah buku yang berjudul "The Chinese Ethos" Fresh from The Oven. Sungguh keberuntungan ganda sudah ditraktir makan malah dapat buku langsung. 

Yang sangat menarik adalah di-cover belakang ada kalimat: Nabi Muhammad SAW pernah bersabda "Carilah ilmu sampai ke negeri China" sungguh suatu semangat yang harus diambil sebagai gerakan untuk membangun masyarakat Indonesia dengan etos yang lebih berkualitas. 

Mengapa harus etos China, karena menurut pak Jansen pengalaman ribuan tahun sebuah negara akan sangat berguna untuk negara kita yang masih sangatlah muda, dan pesan beliau banggalah jadi warga negara Indonesia.

Cuplikan dalam buku ini telah membuat saya memutuskan untuk selesaikan buku ini dan akan aku diskusikan dengan anak-anak kami, semoga etos ini ada pada keluarga kami seluruhnya.  Buku yang wajib jadi buku pegangan bagi sobat eMKa Land, karena hanya etos yang positif kita bisa berubah menjadi lebih baik.



Smile
Melly Kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar