RSS

Mbak Mudik?? No Problem


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semngat Jumat sangat beda rasanya 'kan? Pasti seduhan teh ini lagi ditunggu tunggu "Teras Melly Kiong" selalu menyediakan yang dibutuhkan.

Sesuai dengan judulnya, saya yakin pasti banyak yang bilang eMKa mah enak anak-anak sudah besar... Emang anak kami begitu lahir langsung sebesar ini? Kami selalu berproses dan proses yang dilewatilah yang membuat saya bisa berbagi di sini.

Bagaimana sih membuat mbak mengerti kapan dia harus balik dan kapan dia kembali? Libatkan dia dalam diskusi. Jangan kita yang menentukan, bagaimana kita bisa mentolelir waktunya? Berempatilah dengan mereka, posisikan kita di tempat mereka, rasakan apa yang mereka rasakan dan tawarkan dan penuhi apa yang mereka butuhkan. Ini adalah salah satu cara memperlakukan mereka sebagai keluarga. Jika kita bisa lakukan maka kita tidak perlu khawatir mereka kembali atau tidak. Posisikan mereka sebagai bagian dari keluarga.

Padahal dalam kondisi tidak ada asisten, kita bisa diskusikan dengan anak tentang pembagian peran yang harus mereka lakukan, ketika mereka lakukan mereka bisa merasakan bagaimana dan mereka bisa lebih menghargai peran mbaknya selama ini. Dan kondisi ini sangat baik untuk membangunkan tanggung jawab anak serta kesempatan kerjasama yang sangat jarang bisa terjadi. Bahkan orgtua bisa mengukur sampai di mana kemandirian anak.

Sobat orangtua, mari sederhanakan permasalahan dengan mencari sisi positif dari setiap kondisi.

Mindful Parenting yang selalu mengedepankan empati, termasuk bagaimana berempati dengan asisten adalah cara mempermudah mencapai hidup yang lebih bahagia.

Cobalah pindahkan tempat kita...


Salam smile
Melly Kiong

www.emkaland.blogspot.com
"Bukalah pintu empati kita selebar lebarnya, maka kita akan menemukan setiap kisi kesederhanaan yang membahagiakan."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar