RSS

Anak Pertama Adalah Investasi

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, selamat menikmati sarapan dengan cinta. Selamat bergabung bagi teman-teman baru yang semakin antusias, dan terima kasih buat teman-teman yang sudah menyebarkan kebajikan tentang Mindful Parenting dan eMKa Land

Sejak Matthew di SMP kelas satu, jelas sekali terlihat perubahannya dan hampir sama persis apa yang dilakukan oleh kokonya. Gaya dia mengatur dirinya dan gaya dia belajar yang nyaman dipilihnya. Serta melihat bagaimana peran kokonya dalam memberikan masukan dan gaya bagaimana mereka dalam berdiskusi. 
 
Sobat hebat, ini bukan menceritakan betapa hebatnya seorang Melly Kiong ya, sama sekali bukan, saya hanya sharing atas sebuah hasil dari proses. Dengan harapan kita semua mau berproses untuk mendapatkan hasil, bukan dengan cara instan, saya butuh 16 tahun untuk trial and error, dan saya yakin ketika tanya sama anak-anak kami, betapa masih banyak kekurangan kami yang harus kami perbaiki setiap saat. 

Dalam topik pagi ini, saya hanya ingin sampaikan investasilah pada anak pertama, bentuk karakternya, butuh ketegasan, dan rasa tega yang sangat tidak mudah, karena anak pertama biasanya pasti sedikit lebay sebagai orangtua. Usahakan tidak membandingkan dia dengan adiknya apa pun alasannya apalagi di depan oranglain. Namun berikan pujian ketika mendapati adiknya baik dikarenakan dirinya yang sudah berperan. Ulangi terus, terus dan terus, bahwa apa pun yang terjadi pada adiknya adalah jasanya baik ataupun buruk. Jika baik teruslah berterima kasih dan berikan pujian yang bijaksana. 

Cobalah, dalam kondisi ini sebagai orangtua sangat diperlukan kesadaran untuk memuji yang tidak berlebihan melainkan selalu dalam rambu-rambu kebijaksanaan yang terkontrol. 


Selamat pagi 
Smile 
Melly Kiong 


"Anak adalah investasi yang sempurna bagi orangtua yang selalu eling."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar