RSS

Kecerdasan Emosi Orangtua Penentu Kecerdasan Emosi Anak


Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, selamat datang kepada banyak pendatang baru di "Teras Melly Kiong", jangan sungkan mari duduk dan minumlah teh hangat seduhan kami setiap pagi.

Terima kasih apresiasinya kepada anak kami Matthew, kalau diurut kembali apa yang akan terjadi ya jika saya dan suami marah-marah dan menyalahkan gurunya yang tidak fair karena kesalahan itu dibuat oleh orang lain? Jujur ada perasaan itu, ada perasaan tidak tega, ada perasaan gado-gado yang berkecamuk namun kami melihat ketenangan Matthew yang memberikan signal dia menerimanya dengan sadar, itu yang membuat kami tenang dan itu sangat berbalik memberinya support.

Kemarin banyak sobat yang keberatan dengan hukuman massal yang tidak fair, tetapi jika saya ikutin perasaan saya, emosi saya, marah-marah dengan gurunya, menyalahkan ketiga temannya, kira-kira apa yang akan terjadi? Mungkin Matthew tidak selesai nulis hukumannya dan berbalik menyalahkan temannya, mungkin dia juga jadi benci sama gurunya merasa diperlakukan tidak adil apalagi mendapat dukungan orangtua yang juga tidak menerima kondisi ini. 

Betapa ruginya kami, tidak ada pembelajaran buat Matthew tentang kesetiakawanan, tidak ada tanggung jawab yang terbangun, tidak ada disiplin yang tercermin, tidak akan ada rasa hormatnya kepada guru yang ditunjukkan.

Mindful Parenting pada dimensi orangtua yang memiliki kesadaran emosional yang baik cenderung akan punya kesadaran tentang bagaimana merespon ketimbang selalu reaktif dan mendengar dengan penuh perhatian yang kami praktikkan ternyatalah adalah sumber yang mendewasakan kami dalam bertindak. Coba kami tidak melihat wajah Matthew ketika dia bicara tentang hukumannya, coba kami tidak melihat ketenangan dia dalam mengerjakannya, pasti semuanya akan beda.

Sobat orangtua, bukan sebuah kehebatan yang sedang dipertontonkan, melainkan sebuah teknik mengendalikan emosi yang patut di-share sebagai hasil dari positif dari mempraktikkan Mindful Parenting.


Salam Smile
Melly Kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar