RSS

Malu Karena Tak Banyak Pengetahuan, dan Belajarlah...


Selamat pagi sobat eMKa Land yang luar biasa, semalaman saya sibuk membaca respon atas pertanyaan saya "Indahkah hari ini?" Dan dalam kesempatan "Teras Melly Kiong" saya atas nama anak-anak mengucapkan banyak terima kasih kepada orangtua yang semakin sadar akan pentingnya keluarga dan cara membahagiakan anak-anaknya.

Kemarin sungguh hari yang menakjubkan buat saya pribadi, saya menghadari sebuah sesi "meditasi biji kopi" saya diajak membayangkan petani menanam pohon, merawatnya dengan cinta, sampai berbunga menebarkan wangi dan berbuah, sampai buahnya ke tangan saya, melihat urat-urat indah dari sebiji kopi, mencium wanginya, sampai mengulumnya dengan sadar, ternyata sangat luar biasa, saya seakan menikmati perkebunan kopi yang begitu nyaman, dan membawa saya ke masa remaja di kampung halaman, saat kami suka bercengkrama dengan teman-teman dan duduk menikmati kopi.

Namun dari meditasi kemarin, saya menikmati cara penyeduhan kopi yang begitu luar biasa, butuh kesabaran membangunkan kopi yang tertidur dengan menuangkan air panas secara perlahan dan penuh kasih, ternyata benar sekali, aroma wangi kembangnya dan buah-buahannya, ada rasa manisnya walaupun tanpa gula dan Guru Taiwan itu begitu berilmu, sampai cara menanam pohon kopi dengan 3 lingkaran pohon lain yang berguna untuk melindungi pohon kopi tersebut, pohon tersebut memanggil burung-burung yang akan memakan ulat kopi yang menggerogoti biji kopi yang rusak, semua diperhatikan sampai bisa mendapati kualitas kopi terbaik di dunia.

Indonesia dengan alam yang begitu kaya, kualitas biji kopinya nomor 3 di dunia diproses di Jepang dan baru dijual kembali ke Indonesia. Dari pembelajaran tersebut, saya mengambil hikmah, sebutir kopi bisa begitu berkualitas jika diperlakukan dengan baik, apalagi seorang anak manusia? Sungguh kita tidak salah ada di sini, Mindful Parenting adalah cara kita memperlakukan anak kita dan membangunkan kualitas mereka dengan cinta.

Sebiji kopi adalah guru kita...

Semangat Senin, teruslah menggali kembali apa yang bisa kita perkaya dalam diri sendiri dan berbagilah maka perubahan akan semakin nyata.
 


Smile
Melly Kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar