RSS

Si adek tidak menghormati kakaknya?

6 Januari 2014
Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, selamat bekerja di hari Senin ceria. Semangat teras " Melly Kiong " selalu menemani anda dengan seduhan teh ilmu hangatnya.
Selamat datang buat banyak sobat baru yang bergabung, jadikan ini sebagai ladang belajar dan berbagi.
Menarik juga pertanyaan seorang ibu pada seminar saya di Rengat dua hari yang lalu, bagaimana seorang adik yang mengejek kakaknya dengan perkataan. Sepertinya ini bukan lagi fenomena baru melainkan sudah sangat umum bahkan sering malah saya melihat si adik memukul kakaknya dan orangtua hanya melerai tanpa penjelasan akan hubungan kakak adik, karena sekarang lebih kedepankan benar dan salah.
Pemicunya adalah si adik sering mendapat backing dari orangtua, merasa lebih baik dll, disebabkan tanpa sengaja orangtua yang sering mengemukakan kelebihan di adik terhadap kakaknya. Misal : lihat tuh adikmu lebih mandiri, lihat tuh dedek lebih rajin, dll.

Saya jadi mengurut kembali mengenai senioritas yang terjadi dalam keluarga saya, jangankan sama orangtua, sama kakakpun saya tidak boleh membantah karena usia yang lebih tua.
Yuk kita kembalikan ajarkan senioritas yang lebih bijaksana tentunya, mengembalikan pendidikan menghargai orang yang lebih tua termasuk kakak sendiri.

Mindful parenting tidak menghakimi melainkan terus cari jalan untuk merubah diri.
Selamat pagi
Smile Melly Kiong
"Mulailah menata kembali apa yang belum tertata"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar