RSS

Anakku tidak ada rasa takut gagal


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa penuh asa ya. Teras "MellyKiong" selalu mengajak orangtua untuk eling dengan belajar dan terus belajar.

Banyak ibu ibu yang mengeluhkan ke saya, mengapa ya anaknya tidak ada daya juang? Pertanyaan saya daya juang disini yang dimaksudkan sudah sama belum? Tetapi saya sangat yakin yang dimaksud adalah :"anakku kog tidak bisa seperti anak tetangga saya yang tahu harus belajar untuk dapat nilai yang bagus"
Ngaku saja, karena banyak orangtua yang punya gambaran seperti itu.

Coba kita lihat yuk, apakah yang direkam sama anak?
Ibu bangun tidur, panggil Mbak untuk mengerjakan semuanya, semua yang dimaksudkan hanya dengan perintah pakai mulut dan sangat yakin kalau semuanya selesai serta beres. Kira kira ada tidak daya juang yang diperlihatkan ke anak agar mereka tahu sedikit saja cara bagaimana orangtuanya berjuang?
Tentu akan lain jika orangtua spt ini "Ayo nak bangun yuk, kamu mandi mama juga beres beres karena pekerjaan mama banyak sekali di kantor, mama harus jalannya agak pagian supaya tidak kena macet. Terima kasih ya belajar yang baik ya nak" tutup dengan ciuman dan pelukan.

Yang dibutuhkan anak adalah contoh, bukan perintah.

Kalaupun ada yang kurang menurut kita, coba ajak anak berpikir menurut dia harusnya bagaimana nih jika nilainya kurang memuaskan?
Matthew sampai memutuskan pindah tempat les, hanya karena dia merasa ditempat yang lama terlalu banyak teman dan kesempatan belajar lebih sedikit dari pada ngobrol.

Yuk belajar melihat kembali cermin apa yang kita pakai, dan bercermin kembali yuk.

Smile
Mellykiong

"Yakinkanlah kalau kita berikan cara berjuang untuk direkam oleh anak anak kita"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar