RSS

Anakku memukul temannya..

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Rabu semoga trs menggebu dari teras "MellyKiong"
Mohon maaf akhir akhir ini BlackBerry dan saya seirama harus banyak istirahat sepertinya. Tapi tetap semangat ya.

Pertanyaan kadang tidak saya jawab langsung bukan berarti saya tidak tanggapi ya, melainkan saya akan jawab secara Nasional supaya semua orang bisa belajar dari kasus yang terjadi.

Kemarin ada seorang ibu yang menceritakan anaknya memukul temannya hanya karena anaknya merasa kalau temannya melanggar aturan, misalnya saat pulang dimana semua siswa turun tangga tetapi ada temannya yg malah naik ambil barang yg ketinggalan. Hal itu dianggap anaknya salah dan sudah dilarang tetap dilakukan akhirnya anaknya marah.

Salah tidak? Sebenarnya anak tidak salah, tetapi anak hanya merekam mungkin dari orangtua atau orang sekitar bisa kakek nenek dll , jika ada yang tidak sesuai maka diselesaikan dengan cara memukulnya.

Bagaimana baiknya? Ajak anak ngobrol dan tidak perlu angkat kesalahannya, puji dia atas keinginannya mendispinkan temannya, tetapi kasih kesempatan kepada temannya untuk menjelaskan.Coba Tanya anak kita jika dia yang ketinggalan barang apa yang akan dia lakukan? Dengarkan dan jika dia merasa salah atas sikapnya,ajak anak kita berani meminta maaf sama temannya.

Selalu ada cara mendidik, jika mindful Parenting diterapkan maka setiap masalah selalu ada jalan keluarnya.

Selamat mencoba,

Smile
Melly kiong

" setiap menemukan kesalahan anak berikan dia kesempatan menjelaskan mengapa kesalahan itu terjadi, jika kita mau mendengarkan dan tidak menghakimi maka akan indah akhirnya"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar