RSS

Mana yang Harus Kita Khawatirkan???

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat terus menyala, karena kita sadari betapa banyak kelemahan yang harus kita perbaiki dalam diri kita sebagai orangtua. Semoga "Teras Melly Kiong" adalah tempat yang tepat bagi saya, Anda, dan kita semua untuk saling berbagi.

Ada banyak orangtua yang merasa sudah mempersiapkan masa depan anaknya dengan materi, dengan asuransi dengan segala yang diyakini orangtua cukup aman. Tetapi sedikit yang menyadari bahwa yang dibutuhkan adalah bukan hanya materi melainkan mental dan skill agar dia bisa bertahan dengan yang ada maupun yang belum terlihat. 

Saya jadi ingat waktu ke Jambi melihat tukang mie instan yang sedang melayani pelanggan. Menurut temanku dulu bapaknya adalah orang terkaya nomor 2 di jamannya, semua bilang hartanya 7 turunan tidak habis, ternyata baru sampai kedua saja sudah tinggal sepetak. Mengapa demikian? Karena orangtuanya hanya menyiapkan materi, yang bisa habis jika dipacul terus, anak yang tidak ada daya juang, tidak pernah diajarkan menghadapi masalah, tak pernah susah, tak pernah tahu arti kecewa, justru akan sangat rentan.

Yuk nggak usah menyesal jika belum ada, mulai sekarang kita berubah, mulai ajak anak untuk melihat keadaan yang nyata di sekitarnya ada banyak yang tidak sama, ajak anak belajar empati, perbanyak komunikasi dengan menceritakan permasalahan yang kita hadapi di luar dan bagaimana solusinya. Ternyata ini adalah salah satu cara orang Israel sehingga mampu mendidik anak menjadi anak yang sangat baik problem solver-nya.

Mindful pParenting??? Tidak perlu menghakimi diri sendiri maupun anak, melainkan ayo kita sadar dan eling untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dari sekarang.

Smile Melly Kiong

"Jangan bangunkan istana buat anak kita hanya karena cinta, tetapi bekali mereka alat agar mereka mampu membangun istananya sendiri."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar