RSS

Anakku Mogok Sekolah???

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa pasti semakin membara. Isi hidup kita dengan semangat belajar dan pantang menyerah, maka itulah yang akan kita wariskan kepada anak-anak kita. "Teras Melly Kiong" akan selalu setia mendengar dan mendampingi perjalan indah ke sana.

Kenapa ya berturut-turut saya mendapati problem anak-anak yang tidak mau sekolah? Ini menjadi pembelajaran buat semua pihak untuk ikut serta, baik sebagai orangtua, sebagai guru atau pemilik sekolah. 

Dalam hal ini saya mencoba menyelami anak saya Matthew dalam percakapan ke sekolah kemarin. "De, Mama lihat nilai kamu banyak yang remed, pasti karena baru tahap penyesuaian ya? Apakah kebanyakan anak-anak seperti itu? Kamu yang lebih tahu lho ya di mana kekuatanmu dan di mana kelemahanmu. Mama mau kamu fokuskan di kekuatanmu, temukan passion kamu, apa pun yang terjadi pada kamu, baik atau buruk kamu tetap anak Papa Mama. 

Gelar memang tidak menjamin, tetapi itu memang harus kamu usahakan karena tuntutan jaman. Kasih tahu ya kapan kamu butuh bantuan Mama, ataupun guru les, ajak koko ngobrol karena dia sudah pernah melewatinya. Jangan nyerah ya."

Orangtua adalah orang pertama yang harus memberikan ketenangan pada anak. Tidak dengan ancaman, awas lho nanti tidak naik kelas, kamu sudah besar masih aja tidak mau belajar... dan seterusnya. Padahal mereka sudah merasa tertekan dengan nilai, mungkin juga guru dan lingkungan teman-teman.

Ayo sobat, lebih baik mundur selangkah ajak anak-anak kita mengurut sendiri apa masalahnya dan bantu mereka yuk temukan solusinya. Mindful Parenting selalu mengajak kita berani berpindah tempat ke anak-anak kita dan rasakan apa yang dia rasakan dan penuhi apa yang dia harapkan dari orangtua sebagai support baginya.


Salam Smile
Melly Kiong


"Tidak ada cara untuk lebih bisa mengerti anak kita selain keberanian kita memindahkan diri kita dengan kekuatan empati."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar