RSS

Tidak ada artinya menyalahkan anak 


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa, semakin putus asa? Jangan dong, untuk itulah ada teras"Melly Kiong".

Kadang orangtua merasa kalau anaknya ribut dengan anak yang lain, supaya terlihat mendidik anaknya dimarahin juga.

Harus tahu dulu duduk permasalahannya. Dan saya mau angkat kasus anak yang merasa perlu membela ibunya yang dirasa diperlakukan tidak adil. Tetapi sesampai di rumah anaknya tetap dimarahin ibunya. Kan tidak fair bukan?

Bagaimana kalau pakai cara ini:
"Nak, terima kasih kamu sudah memperlihatkan cintamu pada ibu, menurut kamu dengan mengejek orangtua orang lain apakah itu hal yang baik? Jika tidak jangan lakukan apa yang tidak baik nak" Kalau orang itu melakukan perbuatan yang tidak baik, dan tidak direspon maka lama lama orang itu juga bosan"

Menurut sobat lebih baik tidak dibanding dengan:
"Kamu kenapa sih ikut ikutan? Memang mama ngajarin kamu ngatain orangtua orang lain? Itu tidak baik tahu tidak? Bikin mama malu saja, bla bla bla"

Pilihan ada pada kita, dan Mindful Parenting benar benarsangat bermanfaat untuk mengajak orangtua mendengarkan dan tidak menghakimi maka kita akan sangat bisa mengendalikan emosi.

Mari, berhentilah pakai gaya lama dalam mendidik.Kita coba gaya baru yang lebih mengedepankan empati.

Salam
Smile
Melly kiong
Www.menatakeluarga.com
Www.emkaland.blogspot.com

"Marah bukan solusi satu satunya yang membuat anak kita mengerti, justru bisa sebaliknya menutup pintu peduli mereka kepada kita dan sesama"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar