RSS

Anak saya jawab soalnya asal2an

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia,
Semangat Kamis dari yang paling manis di teras"mellykiong". Ini saya seduhkan teh manis juga ya.
Kemarin ada seorang ibu bertanya, kenapa ya anak saya kalau saya ajarin di rumah sudah bisa semua, tetapi disekolah jawabnya asal asalan.
Tenang, jangan panik dan tidak perlu marah.Saya juga pernah menghadapinya.
Ketika Julian kecil pulang dengan angka "20". Sama sekali saya tidak teriak, saya hanya tanya apakah ini angka yang benar2 kamu sdh usaha tetapi kamu tidak bisa?
Kalau iya mama mau bingkai ini nilai dan digantung di dinding".
"Tidak mama, saya kurang teliti" jawabnya.
"Ok, kita garis bawahi yang kurang teliti ya, lain kali kamu perbaiki"
Beberapa hari kemudian, datang lagi bahwa dia sudah usaha tetapi masih dapat nilai dibawah standard 65 dan dia baru dapat 50.
"Wow, hebat sekali kamu Ian,naik 150 persen, kalau di saham mama sudah kaya" sambil bercanda.
"Tidak mama, Ian harus cari les" solusi yang ditawarkannya.
Tidak selalu ingin jadi pahlawan akhirnya menunjukkan hasil, cari masalahnya, solusi menurut dia dan hargai keputusannya.
Munculkan rasa empati dan berikan mereka ruang untuk bicara.
Smile
Melly kiong
Www.menatakeluarga.com
Www.emkaland.blogspot.com

"Yuk hargai proses anak anak kita dan libatkan mereka selalu dalam mengambil keputusan"



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar