RSS

Bantu ringankan beban anak yuk...


Semangat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, Senin lagi ya? Semangat? Tentu semangat buat orang yang optimis dan easy going juga. Teras "MellyKiong" spesial ajak orangtua Bantu anak anak ya.

Hari ini anak anak Ujian akhir semester satu, kebanyakan ibu ibu lebih stress dari anaknya. Kebayang ya ibu stress semua ikutan stres. Kalau ibunya stress kira kira efeknya apa buat anaknya? Pasti marah marah, andai ibunya marah marah anaknya bisa belajar tidak? tentu tidak. Nah kalau anaknya tidak bisa jawab Pertanyaan ibunya? Ibunya marah lagi tidak? tambah marah pastinya, dan kadang berakhir dengan tangisan anak sampai tertidur anaknya.
Pagi pagi ditanya lagi soalnya, plus ancaman sedikit awas lho nanti nggak bisa jawab dll....

Kira kira anak ini bisa ke sekolah dan mengerjakan soal dengan tenang?

Coba yuk ubah dikit, yakinkan anak dalam kondisi tidak tertekan dan cenderung bahagia, dengan kreatif ajarin mereka sambil bercanda.
Kalau dulu waktu anak anak masih kecil. Saya Tanya apa ibukota Philipana dan mata uangnya? Saya kasih gerakan money la...sambil tangan meminta uang sama anak, kalau tidak ada nanti tak kasi peso. Mereka ketawa ketiwi dan masuk ke otak.

Yuk disoba, santailah sedikit karena itu sangat membantu mereka.

Selamat buat anak anak yang Uas semoga berhasil.

Smile
Melly kiong

"Nilai keberhasilan seseorang bukan hanya dari angka yang didapat di sekolah saja, namun banyak indikasi lainnya"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Buat memo kecil deh 


Selamat pagi sobat eMKa Land yang baik dan bahagia, semangat Jumat ceria dari teras "Melly Kiong",  minum ya teh ilmunya dan rasakan nikmatnya.

Semalam saya baca email dari Grace, salah satu sobat eMKa Land dan saya sangat terharu caranya memuji saya. Dan setelah membaca buku dan dia praktekkan memberikan memo kecil, dan bagaimana anaknya rindu akan memo yang ditunggu tunggu.

Sebenarnya sederhana sekali, saya hanya menyarankan siapapun yang menerima ilmu dan praktekkan. Baru bisa lihat hasilnya.
Namun kebanyakan dari kita dapat ilmu dan didiamkan.
Jadi tidak akan ada manfaat.
So please lakukan apa yang dilakukan Grace, Yenna juga luar biasa.
Saya hanya memberitahukan jalan yang sudah saya praktekkan.

Selamat mencoba dan nikmati perubahannya yang indah.

Smile
Melly kiong

" anak lebih membutuhkan apresiasi daripada cemooh atas kekurangannya"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Anakku memukul temannya..

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Rabu semoga trs menggebu dari teras "MellyKiong"
Mohon maaf akhir akhir ini BlackBerry dan saya seirama harus banyak istirahat sepertinya. Tapi tetap semangat ya.

Pertanyaan kadang tidak saya jawab langsung bukan berarti saya tidak tanggapi ya, melainkan saya akan jawab secara Nasional supaya semua orang bisa belajar dari kasus yang terjadi.

Kemarin ada seorang ibu yang menceritakan anaknya memukul temannya hanya karena anaknya merasa kalau temannya melanggar aturan, misalnya saat pulang dimana semua siswa turun tangga tetapi ada temannya yg malah naik ambil barang yg ketinggalan. Hal itu dianggap anaknya salah dan sudah dilarang tetap dilakukan akhirnya anaknya marah.

Salah tidak? Sebenarnya anak tidak salah, tetapi anak hanya merekam mungkin dari orangtua atau orang sekitar bisa kakek nenek dll , jika ada yang tidak sesuai maka diselesaikan dengan cara memukulnya.

Bagaimana baiknya? Ajak anak ngobrol dan tidak perlu angkat kesalahannya, puji dia atas keinginannya mendispinkan temannya, tetapi kasih kesempatan kepada temannya untuk menjelaskan.Coba Tanya anak kita jika dia yang ketinggalan barang apa yang akan dia lakukan? Dengarkan dan jika dia merasa salah atas sikapnya,ajak anak kita berani meminta maaf sama temannya.

Selalu ada cara mendidik, jika mindful Parenting diterapkan maka setiap masalah selalu ada jalan keluarnya.

Selamat mencoba,

Smile
Melly kiong

" setiap menemukan kesalahan anak berikan dia kesempatan menjelaskan mengapa kesalahan itu terjadi, jika kita mau mendengarkan dan tidak menghakimi maka akan indah akhirnya"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berhentilah cari kesalahan orang lain


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa yang penuh asa. Teras "MellyKiong" mencoba selalu memberikan teh ilmu yang sedang dicari oleh orangtua.
Jujur sedih juga pagi ini saya mendapati masyarakat Indonesia yang mau membaca hanya 2 - 3 juta org saja, artinya budaya membaca jadi PR kita bersama.

Kemarin ada ibu yang bertanya, bagaimana ya jika ada sala satu orang dalam keluarga kita yang selalu bawa efek yang jelek dengan tingkah laku yang kurang baik? Bagaimana mengatasinya?
Terus terang, saya sebagai ibu belum tentu sempurna memberikan model yang pantas ditiru anak anakku, untuk itulah saya pribadi selalu cari masukan dari anak anak. Dan kami selalu sampaikan ke anak anak tidak semua yang kami lakukan sebagai orang dewasa pasti benar. Jika menurut mereka ada yang tidak baik ya jangan ditiru. Serta berikan masukan kepada kami. Budaya introspeksi diri ini akan memberikan peluang bagi anak anak untuk menyaring apa yang mereka dapatkan dengan mengedepankan "baik, buruk, boleh atau tidak"
Filter ini jauh lebih penting dibandingkan dengan menyalahkan dunia luar.
Coba yuk...

Smile
Melly Kiong

"Berhentilah menyalahkan orang lain dan alihkan energi untuk kita introspeksi diri sebagai orangtua"




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kesalahan fatal orangtua adalah...


Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, Senin membahana dan tetap harus menyalakan semangatnya. Teras "MellyKiong" selalu berusaha menyeduhkan teh ilmunya agar semakin banyak yang mau belajar dan terus belajar.

Saya selalu bawa bawa kertas anak SD yang menanyakan bagaimana cara mengatasi orangtuanya yang menurut mereka sangat bermasalah.

Sedangkan hampir semua orangtua yang bertemu sama saya pasti tanya bagaimana cara mengubah anaknya.
Lucu? So pasti...
Yuk cermin lagi supaya kita bisa melihat ke dalam diri kita.
Anak melihat orangtuanya marah, tetapi begitu baik kalau sama orang lain.
Anak melihat orangtua yang begitu tidak sabar melayani anak anak, namun ketika sama oranglain begitu ramahnya.
Boleh tidak anak punya keiinginan mengubah orangtuanya?
Tentu Boleh, pertanyaannya..adakah kesempatan itu?
Yuk belajar jadi orangtua yang membuka diri pada kritikan, dan berhentilah meminta anak untuk berubah.
Bagaimana kalau kita terlebih dahulu berubah, dan kita berikan cerminan yang baik buat anak anak kita.
Pasti tidak mudah, namun akan bisa jika kita mau.

Hayoooo acungkan jempol yang setuju.

Smile
Melly kiong

"Berhentilah menyalahkan anak, karena mereka sudah muak dengan ketidak terbukaan kita "

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Apakah aku adalah ibu buat anakku?


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Jum'at ceria. Teras "MellyKiong" selalu bersemangat mengajak siapapun untuk introspeksi diri ke dalam.

Kemarin dari cerita sahabatku, bagaimana dia membina anak anak muda agar bertumbuh menjadi anak anak muda yang berkualitas.
Namun ditengah itu, dia merasakan kekosongan ruang seorang ibu. Sampai meminta ijin agar temanku bersedia dipanggil "mami". Walau saya tidak bertatap muka, namun saya sangat bisa merasakan hampanya hubungan anak dan ibu. Jadi ingat tulisan sabahatku Bayu yang menilik kembali budaya pendidikan kita yang selalu melihat sisi salah.
Contoh: " salah berapa soalnya?" Kenapa bukan "berapa yang benar?"
Sampai di keluargapun sering orangtua tanya "siapa yang nakal?"
Dan ini sudah turun temurun kita lakukan.

Tetapi saya memutuskan tidak, saya buat "hal hal baik yang dilakukan anak anak saya di rumah" selagi saya tidak ada.
Alhasil setiap saya pulang kerja, anak2 sibuk mencerikan hal baik yang mereka lakukan.
So perlu marah? Yang ada kita bisa cekikikan mendengar laporan lucu mereka.

Yuk coba, tengok kedalam

Smile
Melly Kiong

" tidak akan ada yang istimewa dalam diri anak kita jika kita hanya ikut gaya mendidik yang lama, namun tidak demikian dengan Mindful Parenting "

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kekosongan jiwa yang ada dalam anak kita


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Kamis dari yang paling manis di teras "MellyKiong", yuk kita ngeteh.

Kemarin saya bongkar lagi tulisan seorang anak SD, yang mempertanyakan bagaimana mengutarakan perasaannya yang merasakan kekosongan jiwa dalam dirinya, karena kedua orangtuanya yang sangat sibuk dan tidak ada waktu buat dia. Kalaupun ada waktu itupun sudah malam dengan kelelahan yang luar biasa.
Kebayang betapa tak berdayanya si anak.

Kemarin sempat lihat video sahabatku Pak Jarot yang mengatakan jika orangtua yang bekerja sebagai pengusaha atau apapun yang ada hubungan dengan usaha yang mendatangkan uang, secapek apapun dia akan lakonin, sudah sampai rumah dia mandi dan pergi lagi. Kog tidak capek? kog ada waktu?

Saya tidak mau buat kesimpulan karena kolega memberikan uang, sedangkan anak tidak.

Jadi tidak heran juga mengapa orangtua semakin banyak yang tidak bahagia. Boleh jadi anak anak yang selalu kosong jiwanya akibat tidak ada memori kebahagian yang terisi?

Yuk kita coba,coba itu tidak dosa.

Smile
Melly kiong

"Jangan berharap gelas jiwa anak kita akan penuh jika kita tidak pernah mengisinya dengan cinta"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Senangnya mendengar senandung anakku


Selamat pagi sobat eMKa Land, semangat Rabu menggebu, teras "MellyKiong" selalu rajin menyapa sobat dengan bahagia tentunya.

Saya sangat senang setiap pagi mendengar anak anak bersenangdung dengan lagu lagu di Hp mereka masing masing.
Masih ada kesempatan bangunin mereka dengan kecupan walaupun sudah segede Gede gajah.

Mengapa saya bahagia dengan senandung mereka? Karena minimum saya bisa memastikan mereka akan pergi ke sekolah dengan limbik otak yang terbuka, dan pastinya lebih tenang menerima pelajaran guru di sekolah, lebih semangat bertemu teman karena emosi diri terjaga dengan baik di pagi hari.

Coba bayangkan ini ya :
"Ded....bangun!!! (volume besar pula) tau nggak sih sudah jam berapa? Kamu sih tidurnya malam malam lagi siapa suruh? Buruan!!!!! Terlambat salah sendiri ya, mama sudah bangunin dari pagi!" gubrak pintu kamarnya.

Anaknya boleh marah? Tidak
Anaknya boleh jelaskan kalau semalam dia belajar? tidak ada kesempatan
Terus apakah orangtua tahu kalau dijalan macet, kurang tidur jadi emosi?

Ya, seperti ini sering terjadi dan dimulai dari rumah. jika pagi hari sudah dimulai dengan emosi, maka seharian itu akan sambung menyambung.

Yuk, biarkan anak anak kita lbh banyak bersenangdung, dan yakinkan mereka bahagia.
lepaskan anak sekolah dengan ciuman dan pesankan "yang pintar ya sayang"

Wuihhhhh, kebayang tenangnya Matthew naik sepeda ke sekolah.

Smile
Mellykiong

"Perlu usaha lebih untuk Pengontrolan emosi terutama di pagi hari"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Anakku tidak ada rasa takut gagal


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa penuh asa ya. Teras "MellyKiong" selalu mengajak orangtua untuk eling dengan belajar dan terus belajar.

Banyak ibu ibu yang mengeluhkan ke saya, mengapa ya anaknya tidak ada daya juang? Pertanyaan saya daya juang disini yang dimaksudkan sudah sama belum? Tetapi saya sangat yakin yang dimaksud adalah :"anakku kog tidak bisa seperti anak tetangga saya yang tahu harus belajar untuk dapat nilai yang bagus"
Ngaku saja, karena banyak orangtua yang punya gambaran seperti itu.

Coba kita lihat yuk, apakah yang direkam sama anak?
Ibu bangun tidur, panggil Mbak untuk mengerjakan semuanya, semua yang dimaksudkan hanya dengan perintah pakai mulut dan sangat yakin kalau semuanya selesai serta beres. Kira kira ada tidak daya juang yang diperlihatkan ke anak agar mereka tahu sedikit saja cara bagaimana orangtuanya berjuang?
Tentu akan lain jika orangtua spt ini "Ayo nak bangun yuk, kamu mandi mama juga beres beres karena pekerjaan mama banyak sekali di kantor, mama harus jalannya agak pagian supaya tidak kena macet. Terima kasih ya belajar yang baik ya nak" tutup dengan ciuman dan pelukan.

Yang dibutuhkan anak adalah contoh, bukan perintah.

Kalaupun ada yang kurang menurut kita, coba ajak anak berpikir menurut dia harusnya bagaimana nih jika nilainya kurang memuaskan?
Matthew sampai memutuskan pindah tempat les, hanya karena dia merasa ditempat yang lama terlalu banyak teman dan kesempatan belajar lebih sedikit dari pada ngobrol.

Yuk belajar melihat kembali cermin apa yang kita pakai, dan bercermin kembali yuk.

Smile
Mellykiong

"Yakinkanlah kalau kita berikan cara berjuang untuk direkam oleh anak anak kita"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kenapa ya anakku susah dibilangin??


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Senin dari teras "MellyKiong" mari kita minum teh ilmu bersama sama.

Beberapa hari ini saya diajak ngobrol oleh seorang ibu muda yang sebelumnya tidak mengasuh anaknya sendiri, namun sekarang karena tidak punya pengasuh, bisa kebayang pusingnya?
"Awas nak, jangan pegang gunting itu sambil loncat loncat, bahaya nanti kegunting, bisa berdarah dan sakit tahu nggak?"
Aduh bu Melly, kenapa anak saya tidak mau mendengarkan saya? Padahal kalau saya pegang gunting dia bisa kok nasehati saya "mami, jangan pegang gunting bahaya!"

Terus saya tahu, selama ini anaknya pernah kegunting nggak?Jawabnya tidak, terus dari mana dia tahu bahaya?
Dia tahu bahaya karena kamu yang tahu sakit, dan kamu yang ceritakan bagaimana sakit serta bisa mengeluarkan darah. Kamu mau anakmu merasakan apa yang kamu rasakan.
Jawabannya ya "tidak bisa"

Coba ini yuk "nak, kalau mau loncat gunting dilepas dulu yuk, habis loncat pegang lagi. Nanti kita gunting bersama, kamu mau gunting apa ya? bagaimana kalau kita gunting gambar binatang ini yuk? sambil jelaskan kalau gunting itu ada bagian yang tajam, kalau kena tangan bisa luka dan sakit"

Selamat mencoba...sederhana tanpa teriakan harusnya.

Be positif dan creative
Smile
Melly kiong

"anak tidak akan tahu bagaimana rasanya sakit jika dia pernah rasakan bagaimana yang namanya sakit, jangan ajak dia bayangkan karena tidak akan bisa"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bedanya orangtua TIMUR dan orangtua Barat


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Jumat ceria ya?Teras "MellyKiong" tetap ceria dengan teh ilmunya.
Selamat bergabung buat anggota keluarga eMKa baru semoga selalu bersemangat belajar.

Kemarin ngobrol banyak dengan teman tentang orangtua timur dan barat, antara dia dan istrinya.

Satu anak dua kondisi orangtua:
Anaknya nangis dan tidak mau masuk kelas ceritanya.
Istri: semakin nangis, semakin ditarik anaknya ke kelas karena merasa sayang dan tidak boleh membiasakan anak seperti itu ( toh mendidik)
Ayah: jongkok tatap wajah anaknya, ajak bicara dengan melihat sesuatu yang ada disekitar, ketika anak mulai respon tunjukan sesuatu yang agak tinggi sehingga anak menengadah ( ternyata anak dalam kondisi menengadah dia tidak bisa menangis) dan ketika dia diam dan tenang baru mendengarkan apaa alasannya tidak mau masuk kelas dan libatkan dia dengan kata "menurut".

Setelah berhasil ajak Istri untuk melakukan cara yang sama ke depannya.
Ternyata selama ini banyak yang salah, kalau anak nangis kita peluk dan taruh dipundak, dan nangisnya bukan berhenti malah menjadi jadi. Yang benarnya adalah begitu anak nangis gendongnya terbaik bukan hadap ke kita melainkan biarkan dia hadap keluar.

Wow saya belajar banyak dari obrolannya dan mudah mudahan ada banyak yang bisa saya bagikan.

Selamat belajar juga, kosongkan gelasnya,ilmu tanpa praktek tidak akan ada hasil.

Smile
Melly kiong

" anak anak mewarisi DNA orangtua paling sedikit 25 persen, dan apapun itu wariskanlah yang baik saja"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Anakku selalu lempar mainannya dan pukul-pukul orang


Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, semangat Rabu menggebu dan teras "MellyKiong" tidak boleh berhenti menyeduhkan teh ilmunya.

Beberapa hari ini sobat emka yang punya anak anak kecil bertanya, bagaimana sih menghentikan anak yang suka emosi, anak yang suka melemparkan mainannya, suka gigit teman dan nangis terus kalau tidak diberikan apa yang diinginkan.

Bisa bayangkan betapa cerdasnya anak anak itu, dia bisa mencari jalan bagaimana supaya keinginannya tercapai. Dia nangis pasti orangtuanya takut. Dia merekam emosi dari orangtua dan sekitarnya.
Bagaimana mengatasinya? Setiap emosi peluk anak kita, dan katakan kita sayang dia. Tenangkan dulu dan setelah itu tanya dia apakah dia suka mainan itu?Siapa yang belikan mainan itu? Kalau rusak apakah dia bisa main lagi?
Jangan pernah berpikiran kalau anak masih kecil tidak tahu.
Mereka sangat tahu, jika sudah diberitahu dan tetap diulangi lagi, maka berikan konsekuensinya.
Dalam waktu 1bulan tidak boleh beli mainan dll. Tegas, dan tetap dalam komitmen mendidik.

Bagi yang nangis-nangis di Mall, minta bantuan pak satpam dan bicara yang tegas "pak saya titipkan anak saya dulu ya, kalau sudah berhenti nangis bapak kasih tahu saya, akan saya jemput kembali"

Coba deh tips ini

Smile
Melly kiong

"Buanglah anggapan bahwa anak masih kecil dan belum mengerti jika kita benar mau mendidik mereka"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Hebatnya Mama Angel


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa penuh asa tentunya. Teras "MellyKiong" semakin banyak menebar ilmu dan tentunya semakin memberikan harapan bagi anak anak.

Mama Angel adalah salah satunya, Kemarin dia bbm saya, meminta maaf kepada saya akan ketidaktahuannya dalam memberikan kebahagiaan buat Angle. Kisahnya membesarkan kedua putranya yang sudah jadi sarjana hukum dan calon dokter,membuat dirinya tidak menyadari bahwa banyak sekali yang dibutuhkan oleh anak anak selain ilmu dan materi.
Lewat kerinduan Angle akan seorang ibu yang mampu mendengarkanlah, yang membuat mama Angle sepakat untuk berubah bersama.
Masih banyak Angle diluar sana yang menderita karena ketidak pengetahuan orangtua.
Apa solusinya? Mindful Parenting akan membuka mata hati kita untuk mengakui kekurangan kita dan mengajak kita berubah bersama.

Siap berubah? HARUS!!!!

Smile
Melly kiong

"Kebahagiaan anak bisa didapat jika kita mau mencari jalan menjadi orangtua yang eling"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mindful Parenting adalah harapan bagi Angle dan anak anak yg lain


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Senin dan teras "MellyKiong" dari Pontianak menyeduhkan teh ilmunya.

Jujur kali ini perjalanan yang sangat melelahkan, namun dibalik rasa lelah itu ada harapan yang luar biasa bagi anak anak Indonesia.

Angle, seorang anak usia 12 tahun, menemani ibunya ikut seminar Mindful Parenting, diakhir acara dia datang menghampiri saya bersama ibunya untuk berfoto.
Ternyata ketika saya memeluknya dia menangis sedih dan ketika saya tanya ada apa? ternyata dia sangat berharap ibunya mampu berubah dan harapan baru bagi kebahagiaannya sebagai anak anak.

Sungguh memprihatikan memang,mendengar pengakuan jujur betapa banyak orangtua yang hanya mengikuti bagaimana dia dididik keras oleh orangtuanya, dan mereka juga melanjutkan kembali ke anak anak mereka.

Mari sobat orangtua, berubahlah demi kehabagiaan anak anak kita, dan berikan kenyamanan kepada di rumah, agar tidak perlu mencari kenyamanan diluar sana.

Semangat pagi,
Smile
Melly kiong

"Setiap orgtua sangat ingin anaknya bahagia, namun butuh usaha yang keras untuk merealisasikannya"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS


Anakku kok bicaranya seperti itu???


Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, semangat Jumat ceria, teras "MellyKiong" menyapa dari Makasar.

Seru sekali deh ketika ibu ibu selalu sibuk mencari cari masalah dari luar, ketika mendapati anaknya tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Terutama bahasa yang dipakai.

"Gua heran lho bu Melly, mengapa anak anak gua bisa ikut ikutan teman temannya pakai bahasa yang gua tidak lakukan di rumah "

Kira kira anak anak pakai kata "gua" benar dari orang lain? Tidak tentunya, hanya orangtua blm menyadari ketika orangtua bertemu dengan temannya, dengan saudaranya tanpa disadari itulah yang direkam anak anak.

Hayooo, hentikan menyalahkan anak anak yo...kendalikan bahasa bicara kita.

Selamat pagi.
Smile
Melly kiong

"Bahasa santun yang digunakan orangtua akan mengalir bagikan darah dalam tubuh anak anak"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Anakku tidak mendengarkan yang bikin aku emosi


Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, hampir semua orangtua menanyakan hal yang sama, mengapa anak anak tidak mau mendengarkan ya? Saya membuka kembali pertanyaan seorang anak SD kelas 4. Nanti lihat di PP saya akan fotokan, baca dan renungkan.

Anak anak bukan pendengar yang baik, tetapi mereka adalah perekam yang ulung.

Dari 1300 orang yang ada dalam BlackBerry saya, yang sudah harusnya terdidik berkomitmen, saya berikan angketpun tidak digubriskan? He he he

Yuk introspeksi diri yuk, kita belajar tidak mendengarkan.

Selamat pagi
Smile
Melly kiong

"Berusahalah tidak menghakimi karena kita akan mengerti apa yang terjadi anak anak kitalah yang mengajarinya"


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Anak umur 4 tahun sudah bikin orangtua tidak sabar?


Selamat pagi siang sobat eMKa Land yang baik, Mohon maaf ya baru sempat ngirim teras "MellyKiong".

Belum bisa melupakan bagaimana sepasang suami Istri datang ke saya, mengakui kekhilafannya menampar anak 4 tahun, hanya karena ketidak sabarannya melihat tingkah laku anaknya.
Spontan membuat saya berimajinasi, bagaimana 14 tahun ke depan hidup anak ini dalam pengasuhan seperti ini.

Sayapun menangis, ketika saya melihat airmata dari Bapaknya yang penuh penyesalan.
Dan bercampur bahagia, karena pengakuan yg sangat luar biasa.
Mindful Parenting membuat banyak orangtua berjanji untuk berubah setelah mereka sadar bahwa merekalah yang salah.

Mari orangtua, keluar dan belajar untuk terus berubah, karena Mindful Parenting tidak memberikan janji, melainkan memberikan solusi bagaimana praktek yang sangat nyata untuk bisa berubah.

Makasar telah membuktikannya dan terima kasih banyak berkat dana Ring satu semua bisa berjalan lancar, dan semakin banyak anak anak yang bisa diselamatkan.

Mindful Parenting??? Solusi buat generasi Indonesia yang lebih baik.

Smile
Melly kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Anakku umur 5 tahun menyatakan dia pacaran?


Helooo selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa, teras "MellyKiong" siang mengudara dari Makassar.

Pertanyaan seorang ibu tentang anaknya usia 5 tahun sudah menulis kalau dia cinta sama temannya. Dan saya melihat juga seorang anak seusia itu yang juga mencium kakaknya dgn menyatakan cinta.
Perlu panik? Antara perlu dan tidak.
Sepertinya anak anak hasil tontonan televisi tidak bisa kita abaikan.
Apa yang harus dilakukan? Kita harus yakinkan kalau mereka belum mengerti yang namanya cinta atau pacaran. Dia hanya suka sama temannya, dan cari tahu mengapa dia suka. Dan jelaskan pacaran hanya untuk orang yang sudah dewasa seperti mama dan papa. Jadi ajak dia ganti tulisan kalau dia sayang semua teman temannya.

Selalu tumbuhkan keyakinan kalau anak belum mengerti dan kasih tahu terlebih dahulu dimana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Baru berikan konsekuensi dibelakangnya.

Selamat mencoba
Smile
Melly Kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS