RSS

Coco begitu menikmati waktunya

26 juni 2014
Selamat pagi sobat eMKa Land yang manis di hari Kamis, seduhan teh manis dari "Teras Melly Kiong" tak pernah absen.
Pagi ini saya ingin sharing bagaimana coco bahagia dan menggunakan waktunya dengan baik. Seperti biasa dia sudah duduk manis di pintu menunggu suami saya keluar kerja, begitu pintu keluar sepertinya dia sudah punya jadwal buang air besar kecil, kejar kucing, tikus dan sempatkan main di padang rumput, bahagianya coco. Namun dengan penuh kesadaran dia akan jalan perlahan tapi pasti masuk rumah setelah suamiku berangkat. Coba bayangkan seekor anjing mampu bahkan sangat mampu jaga kepercayaan. Namun kenapa ya anak manusia mau dijadikan robot yang diatur semua jam aktifitasnya?

Smile Melly kiong
www.menatakeluarga.com

"Kesempatan dan kepercayaan milik semua anak jika orangtua eling memberikan"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Aku sangat boleh cuek.. [ tapi alangkah baiknya tidak ]


Selamat malam sobat eMK Land yang bahagia, siang ini saya makan siang bersama Pak Ismet disebuah rumah  makan seafood dekat rumah.
Tidak begitu ramai rumah makannya, dan seperti biasa saya melakukan aktifitas cuci tangan terlebih dahulu. Begitu sampai di wastafel yang dipakai untuk membersihkan tangan, sepertinya saya ragu kalau dipakai untuk kebersihan tangan. Akhirnya saya panggil mbak yang melayani kami sebelumnya, terus saya tanya sudah berapa lama kerja? "Hanya satu bulan" jawabnya. Terus aku bertanya apakah Rumsh makannya ramai? dan apa yang diharapkan dll. Tetapi saya tanya apakah menurut dia wastafelnya bersih? dan apa efeknya jika tidak bersih dengan kehadiran tamu yang berkurang hanya karena kebersihan yang tidak penunjang??? Akhirnya dia putuskan untuk membersihkannya, Semoga semua baik adanya.
Smile , dan selamat malam Mimpi yang indah ya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Masihkan orangtua hanya mikir sisi akademik??

25 juni 2015
Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Rabu menggebu dari "Teras Melly Kiong" dengan seduhan teh ilmunya buat semua orangtua semakin menyemangati kita hari ini.
Beberapa hari lalu saya mendengar dari sobat Muriana dari Pontianak yang katanya mendapatkan informasi terkini bahwa perusahaan seperti To**** akhirnya mengakui bahwa mencari pegawai yang pintar secara akademik ternyata salah, mereka baru menyadari pegawai yang berkarakter jauh lebih dibutuhkan. So apakah orangtua akan membiarkan anak menuju jalan buntu bagi masa depannya? Mari mulai menanamkan nilai-nilai karakter yang bisa kita lakukan dengan sangat sederhana dari rumah.

Tur karakter ke rumah "Melly Kiong" adalah salah satu cara yang akan membantu membuka wawasan instant bahwa tidak ada yang mustahil dan memang wajib dilakukan oleh orangtua.
Menjadikan anak pintar cukup dgn waktu 3 bulan, tapi menjadikan anak berkarakter butuh 15 tahun untuk membentuknya. Mindful Parenting adalah solusi yang tepat, dan menjadi orangtua yang penuh empati bisa diubah dengan gaya komunikasi.

Salam smile Melly kiong

NB: - untuk Mindful Parenting workshop Jakarta akan diadakan 23 dan 24 Agustus di Agathon Tangerang,
- untuk Tur karakter akan kami buka secepatnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Oleh olehku dari Pontianak

 Selamat malam sobat semuanya dimanapun berada, 4 hari perjalananku ke Pontianak sungguh mengagumkan, dan saya semakin yakin perubahan yang nyata akan terjadi walaupun kecil. Mengapa? Ternyata orang-orang eMKa Land dari dunia maya selama ini yang ada di Pontianak benar-benar merasakan perubahan yang terjadi dan bersatu hati untuk bahu membahu melakukan perubahan yang dimulai dari diri sendiri, dan mewujudkan impian bersama yaitu mewujudkan "1 juta manusia welas asih".
Semoga semangat ini juga disambut oleh sobat eMKa Land di kota kota lain, dan kita jadikan ini sebagai semangat untuk menyelamatkan generasi anak-anak kita .
Sukses buat Pontianak Sukses buat Indonesia
Smile Melly kiong

" Sempat melihat Jokowi dengan sederhana menggunakan mobil Inova , buka jendela tanpa suara dan sirene layaknya pejabat negara, lumayan mengagumkan "

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Back up tekanan sosial


Selamat pagi sobat eMka Land yang berbahagia, suasana bahagia masih di kampung halamanku masih sangat terasa, banyak sobat eMKa baru di Pontianak, pokoknya seru deh karena bukan hanya demam bola tetapi juga ada demam eMKa. "Teras Melly Kiong " ikutan menyebarkan virus kebahagiaan lewat seduhan teh ilmu.
Kemarin ada sobat Yuli yang menemukan orangtua lain bertanya sama anaknya "juara berapa kamu", jangankan Yuli saya juga lho " bu anaknya juara berapa?" , Saya jawab anak saya juara 23 dari 27 murid. Kira-kira apa ya reaksi ibu itu? Penting? Tidak sama sekali, tetapi jadi masalah jika kita mau anggap itu masalah. Seharusnya banyak orangtua bisa menarik pelajaran yang baik dari seorang Thomas Alfa Edison, jangankan juara, malah dikeluarkan dari sekolah. Tapi sekarang siapa yang tidak kenal dia?
Kalau saya pribadi lebih menginginkan anak-anak cerdas bukan hanya sisi akademiknya. Bagaimana dengan sobat? Yang penting anak-anak bahagia dan orangtuanya menghargai mereka, maka tekanan dari luar tidak akan terasa. Mindful parenting membuat orangtua tidak menghakimi diri sendiri dan anak-anak.

Salam smile Melly kiong
 www.menatakeluarga.com
"Ketika orangtua menjadi garda pertama yang menghargai anak-anak maka mereka tidak akan khawatir dengan pandangan orang-orang sekitar"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Biarkan alarm alamiah itu bekerja pada anak kita

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, Senin semangat dari "Teras Melly Kiong" hadir di Pontianak, kali ini ditemani kopi pancung.

Hampir setiap hari saya mendapati orangtua yang mengeluhkan anak-anaknya yang tidak mengerti tentang tanggung jawabnya dalam belajar dll. Sepertinya orangtua merasa sudah memberikan pendidikan tanggung jawab kepada anak-anaknya dengan sangat baik, tetapi kenapa bisa tidak punya tanggung jawab?
Pertanyaan yang hanya bisa dijawab orangtua masing-masing.

Sederhana saja, bagaimana anak mengerti untuk bertanggung jawab terhadap nilainya yang kurang dan harus diperbaiki karena anak tidak pernah punya kesempatan untuk tahu bagaimana nilai jelek karena tidak belajar?
Coba lihat orangtua selalu menyiapkan anak-anak untuk belajar dan dapat nilai baik, sang orangtua bangga dengan nilai hasil belajar karena bantuan. Bahkan anak terkesan tidak mampu mandiri.
Padahal jika anak diberi kesempatan menikmati alarm alamiahnya, maka percayalah ketika masuk usia remaja, mereka tidak akan mau lari-lari ataupun melakukan hal yang kekanak-kanakan seiring dengan bentuk badan dan warna suara yang berbeda.

So orangtua kembalikanlah hak anak untuk menikmati masa kecilnya dan biarkan alarm alamiah itu bekerja, dan lupakan buat anak-anak karbitan yang hanya membanggakan sementara.

Yuk, kita coba bersama dan mindful parenting mengajak kita berempati.

Smile
Melly kiong
www.menatakeluarga.com

"Alarm Alamiah selalu datang sesuai sesuai waktunya "

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS


Pasti pertanyaan yang akan dijawab serentak oleh semua manusia dimanapun berada.

Susah kata orang kalau mau hidup bahagia.
Mau cara hidup bahagia yang mudah?
Ala Melly Kiong tapi ...

Bangun dengan semangat walau tidur 3 jam, berangkat ke airport tidak terlambat ternyata, tapi salah terminal lumayan jauh jalannya. Kesel? Tidak sama sekali malah bahagia karena beberapa hari tidak sempat olah raga pagi sama sahabatku Helen.
Terus overweigt pula ..nggak apa-apa hitung-hitung bonus buat awak maskapai.
Masih kepagian? Asyiiikkk bisa ngopi dulu sambil BBM, FB, twiter dan sudah kebayang kampung halaman makanan euanakkk menunggu.
Wow belum lagi mau sederet acara membahagiakan menanti dan aku membayangkan bagaimana hebohnya mak mak dari eMKa Land komunitas Pontianak akan bertemu, cengkrama, idihhhh asyik pastinya .

Nggak sabaran mau cium udara kota kecilku walau hanya hitungan jam.
Aku bahagia karena akan banyak orang-orang yang akan membahagiakan aku.

So..mudahkan bahagia?
Mulailah dengan menyusun hidup kita memiliki welas asih yang selalu membahagiakan orang lain.

Kita akan bahagia ketika kita tahu cara membahagiakan orang lain.

Bye naik pesawat dulu yee..demikian tips sederhana bahagia kocak ala melly kiong

Smile
Melly kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Apresiasi untuk anak tidak salah ( jika bijaksana)



Selamat pagi sobat eMKa Land yang baik hati, Jumat ceria lho, semoga ceria sepanjang hari apalagi selalu disemangati seduhan teh dari "Teras Melly Kiong".

Kemarin sepertinya sangat serentak pengambilan rapor, dan hampir semua orangtua yang anaknya bawa piala kasih unjuk foto piala anak-anaknya di Display Picture-nya tanda apresiasi buat anaknya.

Sadar tidak orangtua yang punya anak 2 atau 3? Ketika satu yang dibanggakan, bagaimana perasaan anak-anak yang lain? Mungkin tidak anak yang lain merasa tersisihkan dan membuat rasa percaya dirinya menjadi mundur?
Yuk orangtua mencoba berempati dan menempatkan diri di posisi anak-anak yang lain.

Dua hari yang lalu saya coba bertanya sama Matthew apakah ada perlakuan yang tidak adil dari saya dan papanya  selama ini, syukur jawabannya tidak ada, dan pertanyaannya ini aka-n selalu diutarakan demi kenyamanan bagi anak -anak kami.
Bagaimana dengan sobat???

Yuk.... tidak ada kata terlambat, apresiasi diberikan bukan karena prestasi besar semata.

Smile
Melly kiong
www.menatakeluarga.com

" Apresiasi setiap keberhasilan kecil anak akan lebih membekas daripada apresiasi besar yang terkesan tidak tulus"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Terima kasih De untuk usahamu

19 juni 2014
Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, Kamis manis pasti semakin manis jika selalu bersama saya di "Teras Melly Kiong" menikmati seduhan teh manisnya.
Hari ini Matthew dan Julian ambil raport, seperti biasa dia sangat yakin bahwa dia sudah lebih baik di semester ke dua. Dan memang dibuktikan sendiri, usahanya untuk bisa masuk ke IPA nanti di SMA itu jauh lebih berharga buat kami. Minimum dia mulai berpikir dan ada goal yang mau dituju. Ditambah lagi cerita tentang anak teman yang mau ambil jurusan tertentu namun tidak bisa masuk karena dia bukan anak IPA, bisa lebih menambah wawasan buat Matthew. Satu hal yang saya ucapkan terima kasih adalah nilai akhlak yang amat baik dan cerita gurunya bahwa dia sangat enjoy sekolah.
Go go go grade 8 Smile Melly kiong www.menatakeluarga.com
"Berikan apresiasi terhadap prestasi anak walau sekecil apapun akan menjadi bibit kebahagiaan yang luar biasa "

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mengapa sejuta member eMKa Land ???



Setiap 10 orang yang saya posting-kan tentang mengapa eMKa Land ?? Pasti ada 9 orang yang masuk dalam member. Mengapa? Karena komunitas Menata Keluarga ini bukan komunitas yang harus selalu berkumpul dan buang-buang waktu, tetapi yang dibangun adalah kesadaran akan perubahan dengan eling di dalam keluarga melalui disi sendiri lewat Mindful Parenting yang di-BC setiap hari. Bagaimana caranya? Dengan investasi Rp 100.000 anda dapat sebuah kaos dengan kualitas bagus yang gambarnya adalah hasil karya Marsya ( 12 th) yang putus sekolah karena mengalami ketidaknyaman akibat bully, dgn empati seorang ibu gambar Marsya di hargai Rp 1000 per kaos, dan dapat 1 buku mindful parenting ( khusus member), serta kita sisihkan Rp 30.000utk membangun 3 centre untuk anak (tunarungu, tunanetra dan down sindrome) ditambah lagi kantong koran pembungkusnyapun dibuat oleh ibu-ibu cuci gosok. Kewajiban member sebagai manusia welas asih akan diminta mendanakan Rp 10.000 saja untuk membangun kepedulian terhadap pendidikan dan membangun pluralisme dengan melakukan perbaikan sekolah dan tempat ibadah yang rusak dari 6 agama yang ada dimanapun juga.
Mari satukan hati utk merealisasikan 1 juta manusia welas asih dengan daftar jadi member emkaland silahkan invite PIN BB: 282E5978.
Salam welas asih Melly kiong www.menatakeluarga.com
Info tambahan khusus Kota Pontianak : Mari kumpul bareng dengan Ibu Melly Kiong pada hari Sabtu, 21 Juni 2014 pukul 18.00 di aula persekolahan Karya Yosef. Bagi teman teman yg berminat, bisa daftar langsung ke Bapak Wendy hp 089627640138 (tiket gratis).
Sekalian dengarkan sharing Wendy,Elly Pirus,Silvia dan Suryana yg sdh dtg lsg ke rmh dan melihat apa yg terjadi. Khusus teman teman yg sudah jadi member emka,hari Sabtu malam pakai baju kaos emka dan celana jeans. Terima kasih. ({}).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Praktek Memberi yang terbaik ala Pak Mul

Selamat pagi sobat eMKa Land yaang budiman, semangat Senin selalu menyala dari "Teras Melly Kiong"
Sudah tidak sabar ingin sekali menceritakan pengalaman bagaimana mempraktekkan ilmu yang sangat luar biasa dari Pak Mul ke Matthew disaat Matthew mau pulang dari RS, dimana ada sisa juice jambu 2 botol, yang satu sudah dibuka dan yang satu lagi masih utuh. Pada umumnya kita akan berikan yang sudah dibuka dengan segala alasan. Namun ketika saya mendengar cerita Pak Mul yang diberi amanat menyerahkan pisang dari sahabatnya untuk teman-teman satu perkumpulan, Pak Mul berikan yang terbaik kepada kami dengan harapan yang memberi juga mendapat apresiasi yang baik dan pelajaran memberikan yang terbaik yang dimiliki sungguh adalah pelajar hidup yang luar biasa.
Dan saya bertambah bahagia, masih diberikan kesempatan untuk menceritakan dan meneruskan pendidikan welas asih kepada Matthew, dengan mempraktekkan langsung kepada sahabat sekamarnya.
Betapa indahnya pembelajaran yang ada disekitar kita jika kita mau membuka mata dan telinga untuk belajar dan terus belajar. Terima kasih Pak Mul, semoga selalu bahagia
Salam Smile Melly kiong
www.emkaland.blogspot.com

"Ceritakan apa yang baik dan yang kita ketahui dan praktekkan apa yang baik yang kita rasakan"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mari berubah dari diri sendiri di komunitas eMKa Land

Selamat pagi sobat eMKa Land , selamat datang dan selamat bergabung di eMKa Land dunia maya bagi banyak pendatang baru, dan saya seperti biasa saya akan berkala memberikan informasi tentang komunitas ini, karena tujuan kita adalah untuk membangun komunitas berkualitas dan penuh welas asih:

  1.  Kita selalu membangun kesadaran akan pentingnya 4S (senyum, salam, sapa dan sahut) dan selalu belajar berubah menjadi orangtua yang lebih baik bagi anak-anak dengan Mindful Parenting.
  2.  Semua informasi yang dibagikan lewat BC adalah informasi yang benar dan dari sumber yang bisa dipercaya.
  3. Jika boleh orang-orang eMKa Land mau mengubah nama yang seperti ini :
    "​​îˆâ€‹L ‎​ⓘ̤̥̈̊c∕̴Ɩ<3c∕̴Ɩ " menjadi yang lebih ringkas dan punya jati diri.
  4.  Mengingat komunikasi via BB ini bisa mengalami masalah sewaktu-waktu , saya berharap berikan data kembali ke saya : nama, kota dan no HP untuk data base jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan bisa terhubung kembali.
Terima kasih banyak atas kerjasamanya.
Smile
Melly kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mana yang terpenting dari 4S dan manfaatnya ?

Selamat pagi sobat eMKa Land yang baik, semangat Jumat ceria lho, “Teras Melly Kiong ” tetap heboh dengan seduhan teh ilmunya.
Topik talkshow radio kemarin sangat seru ketika saya angkat topik 4S, orang bertanya mana yang lebih penting? Saya jawab semuanya penting. Aplikasinya sangat sederhana; dimulai dari bangun pagi. Begitu bangun tersenyum sambil memberi salam “Selamat pagi”,sambil menyapa( Sapa ) lebih dekat “bagaimana tidurmu semalam?”. Jika kita melakukannya halus dan dengan hati dan penuh cinta, tidak mungkin anak tidak memberi jawaban sebagaimana ngantuknya. Malah ini jadi budaya menyapa pagi hari lho dalam keluarga kami.
Apa manfaatnya, anak-anak terbiasa menyapa siapa saja yang ditemui, memberi salam dan selalu menyahut jika dipanggil, nah kira-kira anak-anak dengan karakter ini disukai orang sekitar ? Iya, mereka telah memiliki kecerdasan sosial yang baik.
Yuk mulai dari kita sebagai orangtua praktekkan terlebih dahulu.
hayoooo siapa yang menyahut?
Smile
Melly kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Belajar dari yang muda dan yang tua dalam hidup

Selamat siang sobat eMKa, saya lagi makan siang lho, apakah anda juga? Kebetulan saya di RS, jadi saya melihat bagaimana semangatnya segerombolan calon dokter muda, yang entah kenapa saya merasa sudah tergambar masa depan mereka yang cerah. Aku sangat bahagia karenanya karena aku sepertinya terbawa semangat mereka.
Disamping itu aku juga melihat sekelompok oma-oma yang sangat rapi dandanannya, sepertinya mereka habis besuk teman sebayanya yang sedang sakit. Dari wajah mereka sepertinya mereka menikmati masa tuanya, dan akupun turut bahagia karenanya.
Pilihan ada dimata kita, mau melihat kesedihan dan hanyut ke dalamnya atau melihat yang indah dan nikmati keindahannya.
So aku pilih yang terakhir, bagaimana dengan anda?
Makan dengan eling
Smile
Melly kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pemandangan yang sangat mengesankan

Selamat pagi sobat eMKa Land yang budiman, semangat Rabu menggebu pastinya dan “Teras Melly Kiong” selalu mengispirasi kita semua dengan seduhan teh ilmunya.
Kemarin dalam antrian di lift saya diperkenankan melihat sebuah adegan bapak bule yang sudah sangat tua dan sedang sakit sedang menuju kamar perawatan. Apa yang dia lakukan ?dia memegang tangan putranya yang berusia sekitar 60 tahun dengan sangat kencang seakan takut terlepas, dan anaknya membelai tangan bapaknya dengan kasih sayang.
Ini adalah gambaran masa depan kita semua, bagaimana anak mampu memberikan apa yang dia dapatkan. So orangtua, introspeksi ke dalam diri masing-masing
“apa yang sudah kita berikan itu yang akan mereka kembalikan”.

Siap??? jika tidak marilah kita ubah diri kita.
Smile
Melly kiong

“Perlakuan anak terhadap orangtua adalah pantulan dari apa yang didapatkan”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sebuah ucapan yang dasyattt

Selamat pagi sobat eMKa Land yang baik, tetap semangat ya di hari Selasa? "Teras Melly Kiong" tetap akan menyemangati.
Dari Jumat keluargaku sepertinya ikut adventure DB, semua sibuk, semua tegang dan semua merasakan apa yang dirasakan Julian dan Matthew. Kebayang ya? Semua itu terbangun karena ada empati dan welas asih dalam diri setiap anggota keluarga dan handai taulan.
Satu hal yang sangat luar biasa adalah ketika saya mendapatkan ucapan "terima kasih mama sudah jagain Matthew sepanjang malam". Rasanya semua capek saya melayang entah kemana, yang tersisa adalah rasa menyesal kenapa saya tidak eling untuk mengucapkannya kepada almarhumah mama saya.
Terima kasih De, semoga tidak malu untuk terus memperbaiki diri.
Smile
Melly kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mau Lihat anak bahagia ? Naikkan empati dan welas asih

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, biasa semangat Senin selalu hadir lebih cepat dari “Teras Melly Kiong” dengan seduhan teh ilmunya.
Pada acara sharing dengan oma opa lansia dia sebuah acara ulang tahun lansia, saya menemukan sesuatu yang sangat penting dalam hidup ini, bagaimana ketidak seimbangan dalam hidup yang membuat banyak orang tidak bahagia. Bayangkan oma-oma usia 66 tahun ke atas, merasa hidupnya tidak bahagia. Dan setelah usut punya usut kekuatan memberi dan empati yang belum bertumbuh.
Bagaimana bisa memberi, jika kita masih kekurangan? Itu alasan yang paling banyak. Padahal memberi senyuman, memberi sapaan, memberikan apresiasi kepada orang lain, itupun sudah sangat luar biasa. Ketika kita melihat orang bahagia, ketika kita merasakan sendiri betapa bahagianya kita didengarkan dan dihargai, maka kita harusnya mampu memberikannya kepada orang lain. Akhirnya oma opa mulai sadar bahwa mereka harus melakukan sesuatu perubahan untuk membuat dirinya bahagia di usia senja.
Buat yang sudah terima kaos member, ceritalah pada anak-anak bagaimana dengan kaos itu kita sudah memberi kebahagiaan buat Marsya, anak-anak tuna rungu, tuna netra, tuna grahita dan ibu cuci gosok. Semoga empati anak-anak terus digalih dan tertanam sejak dini.
Salam smile Melly kiong
www.emkaland.blogspot.com
“Kita tidak akan mampu mentrasfer empati dan welas asih ke anak-anak kita jika kita sendiri belum melaluinya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Horeee anakku sudah bisa jalan usia 11 bulan!!!!


Selamat sore sobat eMKa land, ngopi sore yuk di "Teras Melly Kiong" agar kita tetap semangat. Maafkan aye ya ..lagi sakit jempol. Tapi tetap semangat dan semakin semangat.
Kemarin aku ngobrol sama sodara samage aku Irene Mongkar, dan rasanya nyesel bangat saya pengen masukkan Matthew ke perutku dan akan aku ulangi lagi dari masa bayinya. Karena obrolanku sama Irene, membuat saya menyesal karena sewaktu kecil saya belikan mobil dorongan yang terbuat dari kayu, agar Matthew bisa lebih cepat berjalan. Dan semakin menambah beban bersalah saya setelah saya mengetahui motoriknya yang kurang bagus , tulisannya yang tidak "cantik" serta bentuk kakinyapun ikut disalahkan ketika dia sering jatuh.
Semua itu terjadi karena saya tidak tahu betapa pentingnya efek merangkak buat anak, karena merangkak benar-benar membuat otak belajar tentang keseimbangan tubuh yang sangat luar biasa.
Rasanya keren kali kalau Irene buat "Merangkak Centre" untuk pasangan muda yang tinggal di apartemen.
Aku masih bisa merangkak nggak ya ??? belajar ah di tempat Irene. Ayo yang sekitar Serpong jangan sampai salah seperti saya, karena Irene ada sekolah Gym Academic Centre , anak-anak bisa lho main pasir dalam kelas.
Mau tahu lebih lanjut? Hub saya.
Smile Melly kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Observasi dan imitasi


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa dari "Teras Melly Kiong" tetap lebih menyala.
Sebenarnya ada rasa sedih dengan perkembangan dari cara orangtua menentukan prioritas. Hari Minggu kemarin di sebuah gereja dekat rumah, dengan umat sebanyak 7000 orang mengadakan seminar revitalitalisasi keluarga yang menurut saya luar biasa. Hanya dengan bayar Rp 30.000 dapat makan, snack dan minum. Bayangkan bagaimana gereja itu telah melakukan sebuah kegiatan yang begitu luar biasa untuk keluarga umatnya. Namun sayang sekali yang hadir rasanya tidak sampai 200 orang. Padahal materinya benar-benar bagus dan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orangtua. Bagaimana keseluruhan perilaku yang terjadi pada anak yang konon "menyebalkan" dll, adalah hasil imitasi dari anak sejak pembentukan otaknya mulai sempurna yaitu "8 bulan", coba hitung baik-baik berapa lama sudah anak kita memodeling kita. Bagaimana anak melihat caranya orangtua yang menghilang dengan tiba-tiba ketika anak sedang disuruh makan, yang membuat anak tidak lagi percaya sama orang lain.
Waduh rasanya sangat banyak yang akan membuat kita tercengan jika kita membolak balikkan kembali lembaran kesalahan kita dalam mendidik.
Jujur aku mau mencoba mencari lembaran yang salah dan mengintrospeksi kembali dan membicarakan dengan anak-anak ah, semoga tidak terbawa kesalahan ini selamanya.
Bagaimana dengan anda???
Smile Melly kiong www.menatakeluarga.com
"Jangan malu untuk melihat kesalahan kita jika kita mau perbaiki diri sebagai orangtua"
Untuk Workshop Mindful Parenting biayanya hanya Rp 1.5 juta untuk dua hari ( max 30 orang) dan ini program yang tepat buat mencari lembaran yang harus kita perbaiki.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Orangtua umumnya???

2 Juni 2014
Selamat pagi sobat eMKa Land yang tetap semangat, "Teras Melly Kiong" mencoba memperlihatkan pandangan anak-anak tentang orangtuanya dan bagaimana workshop mampu mengubah kedua belah pihak secara nyata. Ini ada percakapan dengan anak bapak Joni peserta trial Workshop Parenting kami Januari yang lalu. Melly Kiong(eMKa): "Halo Yana, saya tante Melly Kiong, saya hanya mau minta tolong sama Yana kasih sedikit komentar atau testimoni atas perubahan yang terjadi pada papamu setelah dia mengikuti workshop mindful parenting, yang pastinya buat papamu sangat berarti buat dirinya sendiri, namun dia juga pasti ingin mengetahui apa pendapat orang-orang yang dicintainya, boleh? terima kasih"
Bks Joni cikho151: "Ia tante terima kasih banyak. Papa ada banyak perubahan tante Melly, setelah ikut Mindful Parenting Workshop. Sekarang pendapat aku sama sodara-sodara aku lebih didengerin, klo dulu kan dibilangnya : "anak kecil tau apa" gitu,heh.... Trus sekarang lebih enak kalo mau curhat sama papa, tante. Kalo dulu kan biasanya kalo aku ngomong ujung-ujungnya diomeli, tapi kalo sekarang ngga. Kalo dulu papa bilang A ya kita mesti ikut, tapi kalo sekarang papa bisa kasih solusi yang menurut papa baik buat kita, tapi gak maksa kita untuk ikut. Terima kasih ya tante, papa sekarang jadi banyak perubahan, terimakasih banyak yaa tante, udah membuat papa berubah, dan harapan saya semakin banyak orangtua yang mau berubah bagi anak-anaknya."
Nah sepenggal kisah perubahan yang sangat nyata, bukan hanya pada pak Joni yang berusia 52 th, tetapi keluarganya berubah.
Apa rahasianya? Workshop Mindful Parenting yang memang kami dedikasikan untuk orangtua yang mau berubah bersama kami.
Yuk ikut workshop kami tanggal 21 dan 22, Di Agathon Gading Serpong, ada banyak sekali yang bisa kita belajar bersama. Silahkan daftar hanya untuk 30 peserta setiap kelas.
Selamat berpikir dan ambil keputusan untuk berubah
Salam Melly kiong www.menatakeluarga.com
"Semua orangtua ingin anak-anak bahagia, namun sedikit yang mau cari cara untuk merealisasikannya"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Member eMKa Land

Maaf banyak yang bertanya terus, bagaimana caranya menjadi member, tetapi saya harus yakinkan orang yang mau jadi member benar-benar tahu tujuan jadi member. ---------------------------------- Mengapa harus jadi member eMKa Land???
Terima kasih banyak atas kesetiaan sobat selama ini mau berusaha membangun diri sendiri menjadi pribadi dan orangtua yang lebih baik.
Dan gerakan ini sangat mengagumkan dan memberikan rasa optimis jika kita semakin nyata membangun komunitasnya. Tidak perlu selalu bertemu itu adalah komitmen yang saya tawarkan, tetapi kita satukan niat kita dalam gerakan membangun keharmonisan dalam keluarga dan menciptakan keluarga yang aman bagi anak-anak kita. Serta kita tunjukan kepedulian secara nyata bagaimana dengan menjadi member eMKa Land kita semua telah menjadi bagian dari " 1 juta manusia yang lebih welas asih" .
Bagaimana cara jadi member eMKa Land? Bayar Rp 100.000 anda akan mendapatkan sebuah kaos eMKa Land yang lukisannya digambar oleh Marsya ( 13 th) karena kasus bullying membuatnya tidak nyaman bersekolah, kita akan kembalikan semangatnya lewat menghargai karya Marsya, dapat buku Mindful Parenting buku pintar keluarga yang hanya bisa dibeli lewat member, serta anda semua sudah partisipasi membangun 3 centre sekaligus ( tunanetra Centre, tunarungu centre, dan centre of hope down sindrome) jika 1 juta member terealisasi.
Jika sudah jadi member sebulan hanya donasikan 10 ribu rupiah saja, maka kita akan pergunakan uang sumbangan untuk memperbaiki sekolah-sekolah dan rumah ibadah yang rusak dari 6 agama .
Gerakan kecil kita akan menjadi terang bagi Indonesia.
Hanya yang sudah jadi member akan dapat BC tentang pernikahan, mertua dan mbak. Dan akan mendapat harga spesial jika ada event dan penjualan souvenir dll.
Silahkan pikirkan dan putuskan untuk menjadi " 1 juta manusia penuh welas asih", jika mau silahkan berikan data : nama, alamat, no. hp, email,  ukuran kaos.
eMKa Land untuk keluarga Indonesia yang lebih baik.
Salam perubahan Smile Melly kiong
NB : belum termasuk ongkir ya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pak Daoed Joesoef sangat suka ujian karena Emaknya hebat.


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Senin, dan hari ini adalah hari pertama anak-anak UAS, tentunya kita harus menyemangati mereka.
Kebetulan saya dapat ilmu yang sangat menarik berkaitan dengan cerita dari Bp.Daoed yang menyatakan: " saya sangat suka ujian" sebuah kalimat yang pastinya sangat terbalik dimasa kini bukan? Bukan hanya anak-anak yang stres kalau ujian, melainkan yang lebih stres adalah orangtuanya. Mengapa? Karena yang masih sangat dipentingkan adalah perkembangan nilai-nilai akademisnya. Padahal kita semua harusnya tahu dan sangat tahu bahwa kesuksesan seseorang tidak semata hanya ditentukan oleh sebuah angka, melainkan bagaimana nilai kecerdasan emosional, spiritual dll yang jauh lebih menentukan.
Apa yang membuat Pak Daoed bisa begitu menyukai ujian? Karena Emaknya yang sungguh amat hebat, emaknya sengaja memanjakan semua anak-anak dengan masakan kesukaannya, jadi di saat ujian anak-anak punya hak memilih dan itu adalah saat yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Sampai bapaknya saja jika mau makan enak, bapaknya juga bilang "emak, besok aku mau ujian" mamanya sudah tahu apa maksudnya bapak.
Sungguh sebuah cara yang sangat menyenangkan dan kreatif yang pantas untuk ditiru, bukan seperti sekarang, dimana orangtua malah ikut membuat anak-anak begitu tegang menghadapi ujian. Anak sekarang sangat kasihan, tegang disekolah dan stres bertambah setelah di rumah.
Yuk, mulai sekarang kita coba cara emaknya Pak Daoed, bisa nggak ya saya??
Smile Melly kiong www.menatakeluarga.com
"Selamat UAS buat semua anak-anak sobat eMKa Land semoga sukses, dan tetap semangat dan tenang"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pelangi indah itu akan terlihat bersama eMKa Land


Selamat sore semua sobat eMKa Land, sesuai janji saya, baru sempat menulis apa yang kami lalui bersama dan apa yang kami rasakan bersama di hari yang sangat bersejarah bagi komunitas kita. Tgl 24 Mei 2014 adalah hari berdirinya komunitas eMKa Land yang benar2 luar biasa, sebuah event yang terlaksana berkat semua manusia berhati welas asih yang punya chemistry yang sama, bukan sebuah kebetulan pastinya.
Semangat seorang Bapak Bangsa bapak pendidikan terbaik yang pernah aku temui" Prof DR.Daoed Joesoef" dalam usianya yang ke 88 Agustus nanti, telah mentransfer semangatnya untuk kita semua " unity in variety" semangat Empu Tantular dengan ke "Bhineka Tunggal Ika"-nya telah kembali melalui acara kami, yang terlihat begitu nyata tiadanya perbedaan, dari semua suku dan ras, dan lintas agama benar-benar menyatu telah menghadirkan pemandangan indah yang yang membahagiakan semua yang hadir.
Penampilan yang begitu luar biasa dari anak-anak down sindrome, tuna rungu dan tunanetra serta anak-anak mantan pengguna narkoba begitu membangunkan semangat bagi kami untuk tidak boleh menyerah.
Yang paling hebat adalah kerja dari panitia yang sungguh-sungguh dan dari lubuk hati dengan event sebesar itu hanya 3 kali pertemuan selanjutnya hanya by BBM serta volunteers kecil yang sangat membanggakan.
Satu kalimat Pak Daoed Joesoef yang indah sekali buat kami adalah " hanya dengan menangis hati kita bisa melihat pelangi ".
Sungguh sebuah moment yang tak akan terlupakan, semua berkat niat baik dan seijin oleh Sang Pemilik alam ini, maka semua bisa terwujud.
Sekali lagi terima kasih banyak atas penghargaan terhadap undangan dan usahaka kami, semoga kita tetap mampu bersama sama mewujudkan "Sejuta manusia welas asih eMKa Land " yang akan menjadi lilin penerang bagi negeri yang mulai meredup dengan bergabung bersama kami dengan menjadi member eMKa Land.
Mari bergandengan dengan kami, karena kami tidak bisa sendirian.
selamat petang Salam smile Melly kiong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS