RSS

Apakah Orang-Orang yang Korupsi Tidak Terdidik Baik???

Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, semangat Senin tentu berbeda sepertinya buat banyak kalangan. Tetapi buat saya "Teras Melly Kiong" malah harus lebih menyemangati. 

Beberapa hari yang lalu saya diajak talkshow oleh radio RRI tentang bagaimana menanamkan nilai kejujuran kepada anak di usia dini dan apakah orang-orang yang korupsi sekarang sebagai akibat didikan orangtua atau pengaruh lingkungan? 

Karena melihat kenyataan dari para koruptor terlihat sekali bagaimana kehidupan orangtua yang sangat sederhana, bahkan sangat jauh dari kemewahan yang seharusnya mereka bisa rasakan jika anaknya kaya. 

Sebuah pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab, namun saya hanya mencoba menganalisa kondisi yang ada, walaupun si orangtua tidak mendidik secara langsung tentang korupsi, namun ini bisa bersumber kepada orangtua yang tidak menempatkan iman sebagai pola didik yang utama dan orangtua tidak jujur memperlihatkan kondisi yang sebenarnya sehingga anak tidak tahu, hanya semata-mata orangtua mau membahagiakan anak serta anak jadi tidak punya rasa empati atas kondisi orangtua karena memang tidak dididik demikian. 

Contoh sederhana: ketika anak minta motor, orangtua tidak mampu, namun karena sayang anak, orangtua terpaksa ngutang, akibatnya anak terhantar masuk ke golongan yang di atas kemampuannya, ditambah iman yang tidak kuat, gengsi lebih tinggi maka inilah yang membangkitkan pikiran mencari jalan untuk memenuhi kebutuhan serta gengsinya. Nah mungkin penekanan yang penting di sini adalah kita mendidik anak untuk jujur pada kondisi kita yang sebenarnya, bukan dengan cara memperlihatkan semua bisa teratasi dan mengharapkan anak kita berubah.
 
So nilai kejujuran itu bisa kita tumbuhkan dengan keterbukaan atas kondisi kita apa adanya dan memberikan role model yang benar, bukan hanya korupsi materi namun kerupsi waktu juga harus hati-hati. Karena setiap gerak-gerik orangtua adalah ilmu bagi anak-anak.

Mari utamakan kejujuran dalam mendidik anak-anak kita.

Salam Smile 
Melly Kiong



"Iman sumber kejujuran utama."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar